Gandeng Dinkes dan Puskesmas Parungkuda, Kodim 0607 Ingatkan Masalah Stunting

  • Whatsapp
NON-FISIK: Salah seorang petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi saat memberikan penjelasan terkait permasalahan kesehatan pada Program TMMD ke-110 di Desa Sundawenang Kecamatan Kadudampit, belum lama ini. IST

SUKABUMI– Gangguan pertumbuhan atau yang lebih dikenal dengan nama Stunting menjadi salah satu agenda pembahasan Kodim 0607/Kota Sukabumi pada Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 non-fisik bidang kesehatan di Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi.

Di mana, Stunting ini merupakan kondisi gagalnya pertumbuhan tubuh dan otak anak, sehingga mempengaruhi pada perawakan tubuh yang pendek dari anak normal seusianya dan cenderung memiliki keterlambatan dalm berfikir. Umumnya persoalan tersebut disebabkan lantaran asupan gizi yang tidak sesuai dan kebutuhan gizi yang tidak seimbang.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Kodim 0607/ Kota Sukabumi menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi dan Puskesmas Parungkuda dengan memberikan pencerahan agar mengantisipasi terjadinya Stunting di masyarakat, khususnya di wilayah sekitar TMMD ke-110. “Tidak hanya fisik, program TMMD ini menyasar seluruh element, salah satunya bidang kesehatan. Dan penyuluhan stunting ini menjadi agenda kesekian kalinya di bidang kesehatan, setelah sebelumnya kita adakan penyuluhan kesehatan dengan pembahasan yang berbeda,” terang Pasiter Kodim 0607/Kota Sukabumi Kapten Inf Akhmad Samas kepada Radar Sukabumi.

Diakui Samas, permasalah stunting ini kerap terjadi hampir di sejumlah wilayah, terutama di wilayah pelosok. Hal itu lantaran, kurangnya akses pemahaman kesehatan dan asupan gizi yang kurang seimbang. “Untuk itu kita berikan penyuluhan dan mendatangkan langsung tim dari Puskesmas sekitar TMMD ke-110 dengan memberikan penyuluhan, sekaligus melakukan pendataan langsung,” terangnya.

Tidak hanya persoalan stunting, pada program TMMD ke-110 bidang kesehatan ini pun menekankan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan masyarakat. Selain itu, tim Puskesmas Parungkuda pun melakukan pos pelayanan terpadu untuk pelayanan kesehatan lansia dengan melakukan pengecekan kesehatan tubuh, seperti cek lab sederhana, pengukuran tekanan darah serta pengecekan lainnya. (why)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *