BERITA UTAMAPemerintah Kota SukabumiPolitik Kota Sukabumi

DPRD Kota Sukabumi Terpilih 2019-2024, Ku Tunggu Janji Mu

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Sukabumi sudah resmi menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Sukabumi.

Berdasarkan data KPU Kota Sukabumi, partai yang berhak mendapatkan jatah kursi di DPRD kota Sukabumi sebanyak 8 partai dari total 16 partai yang ikut Pileg 2019. Diantaranya Partai Gerindra 6 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi, Partai Golkar 6 kursi, Partai NasDem 3 kursi, PKS 5 kursi, PPP 2 kursi, PAN 3 kursi, Partai Hanura 1 kursi dan Partai Demokrat 5 kursi.

” Partai yang mendapatkan kursi terbanyak yakni Gerindra dan Golkar yakni 6 kursi,” ujar Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami usai rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Sukabumi di Gedung DPRD Kota Sukabumi, Rabu (14/08/2019).

Dalam rapat pleno ini kata Tami semuanya bisa diterima oleh partai politik. Artinya Pihak KPU Kota Sukabumi tidak menerima keberatan dari saksi-saksi peserta pemilu 2019. ” Alhamdulillah semua menerima dan tidak ada keberatan,” katanya.

Untuk tahap selanjutnya, pihak KPU kan memberikan surat keputusan ini kepada masing-masing calon anggota DPRD terpilih. Setelah itu, akan memberikan berkas hasil pleno ini kepada Pemerintah Kota Sukabumi. ” Nanti ini yang menjadi dasar untuk pelantikan anggota DPRD baru. Proses pelantikan itu ranahnya di pemerintah daerah,” katanya.

Hanya saja masih ada beberapa tahapan agar para anggota dewan terpilih itu bisa dilantik. Salah satuny berkas admintirasi yang harus dilengkapi oleh para anggota dewan terpilih. ” Makanya dari awal kita sudha bentuk tim kecil untuk asistensi kelengkapan berkas. Kalau belum lengkap harus dilengkapi,” ujarnya.

Tami mengatakan proses tahapan ini merupakan tahapan akhir dari Pemilu 2019. Sehingga tugas KPU Kota Sukabumi sudah tuntas dalam menyelenggarakan Pileg 2019. ” Ini terakhir puncaknya dari seluruh tahapan. Tugas kami selesai,” jelasnya.

Disinggu mengenai komposisi anggota dewan terpilih ini kata Tami memang banyak dihuni oleh muka baru. Hanya saja perbandingannya Tami belum bisa memberikan pernyataan. ” Banyak yang baru bahkan dengan usia muda seperti Tanty, Leonel dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Kota Sukabumi, Momi Soraya mengaku cukup berterima kasih kepada seluruh Caleg, pengurus relawan dan simpatisan Gerindra yang berjuang pada pemilu lalu. Bahkan hasilnya cukup signifikan dengan mendapatkan 6 kursi di DPRD Kota Sukabumi. ” terima kasih banyak semuanya, berkat efek pak Prabowo kita bisa meraih 6 kursi,” katanya.

Memang Gerindra di Kota Sukabumi ini meraih 6 kursi sama halnya dengan Golkar. Tetapi raihan suara partai lebih besar partai Gerindra. ” Dengan demikian kiya bisa dikatakan pemenang di Kota Sukabumi atau masanya gerindra. Seperti pepetah pemimpin itu ada masanya, setiap masa ada pemimpinya,” ungkapnya.

Berkaitan dengan Pimpinan Sementara kata Momi harus berkoordinasi dulu dengan Pengurus partai. Apakah memang cukup dengan surat tugas dari DPC atau satu tingkat dari DPC. ” Kita masih koordinasi dulu,” pungkasnya. (bal)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button