Budiman Sudjatmiko Bakal Sulap Cikidang Sukabumi Seperti San Francisco, Ini yang Akan Dilakukannya

  • Whatsapp
Aktivis 1998 yang kemudian dikenal sebagai politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko memiliki cita-cita membuat Silicon Valley di Wilayah Cikidang Kabupaten Sukabumi. Foto: Antara.com

SUKABUMI — Aktivis 1998 yang kemudian dikenal sebagai politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko memiliki cita-cita membuat Silicon Valley di Wilayah Cikidang Kabupaten Sukabumi. Pria kelahiran 10 Maret 1970 itu ingin menyulap area seluas 888 hektare (ha) di sana menjadi suatu kawasan inovasi dan teknologi revolusi industri 4.0 seperti Silicon Valley yang ada di sebela selatan San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat.

Ya, seperti kawasan yang menjadi markas berbagai perusahaan teknologi dunia seperti Apple, Google, Intel, Xerox, Fairchild Semiconductor, PARC, Yahoo!, Silicon Graphic, Sun Microsystem, Cisco System, hingga 3Com. Pendiri gerakan Inovator 4.0 Indonesia itu ingin menginisiasi terbangunnya “Silicon Valley” versi Indonesia di Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Ia berkeinginan agar dari lebah nan hijau di kawasan berudara sejuk itu lahir inovasi dan teknologi terkini seperti Google, Yahoo!, YouTube versi Indonesia.

Alumnus Universitas Cambridge itu membayangkan lahan yang sedang dipersiapkannya itu dapat menjelma menjadi perpaduan antara Silicon Valley dan Universal Studio, di mana sains dan seni bersatu.

Anak-anak muda Indonesia akan berkumpul, berbincang, berkolaborasi dan menuangkan ide-ide gilanya, berkreativitas dengan bebas, menuangkan ilmu pengetahuannya, kemampuannya dan ketrampilannya untuk menghasilkan inovasi dan teknologi yang mumpuni di berbagai bidang.

Membangun cita-cita

Dalam cita-cita yang diniatkan untuk dijadikan kenyataan sejak 2018 itu Budiman berharap dari kawasan itu juga kelak muncul berbagai lembaga riset dari perusahaan-perusahaan nasional dan internasional yang berkembang dan berkolaborasi menghasilkan produk inovasi dan hasil penelitian yang dapat dikomersialisasikan.

Gayung bersambut. Niat dan rencana itu pun disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumidan Provinsi Jawa Barat.  Saat ini tanah milik PT Bintang Raya yang menjadi lokasi pembangunan “Silicon Valley” tersebut dipercayakan untuk dikelola Inovator 4.0 Indonesia, yang menggawangi gerakan kolaborasi berbagai profesional dari berbagai latar belakang bidang ilmu mulai dari peneliti, teknologiwan, politikus, seniman, matematikawan hingga pegiat desa-kota.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *