Besok, Tol Bocimi Cigombong-Cibadak Dibuka Gratis, Kadishub Bilang Begini

UJI COBA : Suasana Tol bocimi seksi II Cigombong-Cibadak direncanakan akan di Uji Coba pada akhir tahun ini. (Foto : PUPR)

SUKABUMI — Besok, Selasa (20/12/2022) Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak dikabarkan dibuka gratis.

Rencana ini, dilakukan untuk mendukung kelancaran akses lalu lintas bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada liburan panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi. Bahwa menurutnya, berdasarkan rapat dan koordinasi pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi bersama Kapolri dan beberapa menteri pada Jumat (16/12) itu, bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan tentang jalan Tol Bocimi Seksi 2 akan dipergunakan secara fungsional pada sebelum Natal 2022.

“Iya, statmen pada rapat itu Menteri PUPR mengatakan bahwa jalan Tol Bocimi pada Seksi 2 itu, Insya Allah akan bisa dipergunakan. Namun untuk tanggal pastinya, belum bisa diketahui secara pasti. Tetapi direncanakan bahwa jalan Tol Bocimi Seksi 2 itu, akan mulai bisa digunakan pada 20 Desember 2022,” kata Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi pada Senin (19/12).

Informasi yang merupakan statmen dari Menteri PUPR ini, sambung Dedi Chardiman, merupakan kabar gembira untuk warga Kabuapten Sukabumi. Terlebih lagi, jalan Tol Bocimi ini sangat dinanti dan didambakan warga Sukabumi. Selain, untuk mengatasi persoalan kemacetan arus lalu lintas, keberadaan jalan tol tersebut, diyakini dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Intinya, sasarannya itu fungsional dan bisa digunakan menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Nataru itu, mulai operasi dan aktivitas lalu lintasnya mulai dari 23 Desember 2022. Jadi sangat wajar jika ada duggaan jalan Tol Bocimi itu, bisa digunakan pada 20 Desember 2022. Apalagi, Menteri PUPR sudah menyatakan itu,” paparnya.

Masih kata Dedi, untuk proses pengerjaan pembangunan jalan Tol Bocimi pada Seksi 2, kini sudah 100 persen selesai atau rampung. Hal ini, dapat diketahui dirinya berdasarkan hasil pantuan timnya dilapangan yang dilakukan dari semenjak satu pekan terakhir.

“Iya, pengerjaan konstruksi pembangunan jalan Tol Bocimi ruas Seksi 2 itu, sudah selesai. Intinya, pada seminggu yang lalu infrastuktur dasar pada proyek Tol Bocimi Seksi 2 itu, sudah bisa dilalui secar fungsional. Inysa Allah kalau tidak ada kendala, mungkin besok jalan tol itu, sudah bisa dilalui,” bebernya.

Apabila nanti, ruas jalan Tol Bocimi Seksi 2 ini, sudah bisa dioperasikan secara fungsional. Maka, pintu keluar atau pintu exit pada jalur tol tersebut berada di wilayah Sundawenang.

“Pak Bupati sudah mengarahkan kepada kita agar rekayasa itu dilakukan secara maksimal di wilayah Cibadak mulai dari Karangtengah sampai mengarahkan wisatawan yang mau ke Palabuhanratu dan yang mobilnya sehat agar tidak lewat Cikidang,” imbuhnya.

Pihaknya menilai, jumlah kunjungan wisatawan pada Liburan panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, diprediksi akan mengalami peningkatan. Hal ini, disinyalir oleh berbagai faktor. Selain dibukanya jalur Tol Bocimi Seksi 2, juga keberadaan kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi, juga kerap menjadi dambaan para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan domestik hingga luar negeri.

“Iya, palagi Cianjur sedang terkena musibah gempa, orang-orang kemungkinan yang awalnya berpikir akan ke arah puncak, mereka bisa larinya ke Palabuhanratu atau Geopark dan jembatan gantung Situgunung. Makanya, ketika jalan Tol Bocimi seksi 2 itu dibuka, tentu ini sangat strategis,” paparnya.

Pos terkait