Bencana Longsor di Cicantanyan Sukabumi Rusak Pesawahan dan Ancam Rumah Warga

Longsor
BAHAYA: Longsor meggerus lahanan pesawahan milik warag Kampung Lembursawah, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan pada Senin (03/01).

SUKABUMI — Hujan deras yang masih terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi, menyebabkan Bencana longsor, salah satunya yang terjadi di Kampung Lembursawah, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, menyebabkan tiga petak lahan pertanian rusak, Senin (03/01).

Petugas Penanganan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Cicantayan, Yoga mengatakan, longsor tersebut berasal dari tebing dengan lebar 300 meter dengan tinggi 100 meter yang mengalami ambruk. “Iya, dampanya tiga petak sawah milik warga setempat ikut tergerus longsor,” kata Yoga pada Senin (03/01).

Bacaan Lainnya

Bencana longsor yang mengakibatkan kerusakan lahan pertanian tersebut, telah terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi. Terlebih, kondisi tanah di wilayah tersebut sangat labil. Sehingga, saat diguyur hujan deras, tebing tersebut langsung longsor.

“Tadi malam (kemarin,red.) kejadiannya, akibat hujan deras yang cukup lama sehingga mengakibatkan tanah longsor menutupi aliran air sawah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sambung Yoga, akibat longsor tebing tersebut, rumpun bambu dan satu rumah milik warga terancam tergerus longsor, apabila tidak ditangani secepatnya. “Satu rumah milik warga terancam terbawa. Jika ada longsor susulan,” jelasnya.

Untuk itu, setelah mengetahui kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa Cicantayan dan pemerintah kecamatan setempat untuk penanganan longsor tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.