Aset Wakaf Bisa Capai Rp2.000 Triliun, Bisa Kurangi Angka Kemiskinan

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo. (Dok. Sekretariat Presiden)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut, potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Menurutnya, potensi aset wakaf di Indonesia mencapai Rp 2.000 triliun per tahunnya.

“Potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp 188 triliun,” ujar Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/1).

Karenanya, Jokowi ingin wakaf tak hanya dimanfaatkan untuk tujuan ibadah saja. Tujuan wakaf dapat diperluas cakupannya dan dikembangkan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan di dalam masyarakat.

“Tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah tapi dikembangkan untuk tujuan sosial ekonomi yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat,” tuturnya.

Jokowi menjelaskan, kesadaran dan literasi ekonomi dan keuangan syariah bukan hanya perlu untuk ditingkatkan, melainkan memperkuat kepedulian dan solidaritas untuk untuk mengatasi kemiskinan.

“Sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di negara kita,” pungkasnya. (rom/jpg)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *