18 KK di Cigintung Gelap Gulita Sudah Puluhan Tahun

JAMPANGTENGAH – Puluhan tahun, warga Kampung Cigintung, RT 41/9, Kedusunan Cirampo, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah, hidup dalam kegelapan. Bagaimana tidak, kampung yang berada di perbukitan Desa Padabeunghar ini, sudah puluhan tahun tidak tersentuh program pemerintah, berupa penerangan listrik.

Bagi warga yang kondisi ekonominya baik, mereka terpaksa menyambung listrik dari Kampung Ciweulit, Kedusunan Cirampo dengan membentangkan kabel hingga sepanjang sekitar satu kilo meter (Km).

Bacaan Lainnya

Sementara, bagi warga yang tidak mampu, sampai saat ini, mereka masih mengunakan lampu tradisional. Seperti, lampu cempor yang menggunakan bahan bakar solar dan minyak tanah untuk penerangan pada malam hari.

“Ada (sebanyak) sekitar 18 kepala keluarga dengan 30 jiwa di Kampung Cigintung yang belum tersentuh listrik. Kondisi ini sudah berlangsung 30 tahun,” jelas Sekertaris Desa Padabeunghar, Edwarnus BNB saat disambangi Radar Sukabumi di Kantor Desa Padabeunghar, kemarin (30/10).

Menurut Edwarnus, kabel yang membentang untuk mendistribusikan listrik dari KWh kampung tetangga ke warga kampung yang teraliri listrik, kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, kabel yang digunakan warga merupakan kabel yang tidak berstandar PLN sehingga dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan warga.

“Mereka menggunakan kabel dari warung. Saya khawatir kondisi seperti ini dapat mengancam keselamatan warga. Apalagi saat ini musim hujan, jaringan kabel dari KWh yang membentang ke pemukiman warga melintasi perkebunan, sungai dan pesawahan. Kami takut kalau hujan deras dan angin kencang, ada ranting pohon yang tumbang hingga memutus kabel mereka, tentu ini berbahaya,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan