10 Ribu UMKM Kabupaten Sukabumi Mendaftar BLT

  • Whatsapp
Pelaku usaha mikro Kabupaten Sukabumi saat mendaftar program BLT Kementrian Kopersi di kantor Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus berdatangan ke kantor Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi.

Data terakhir, pendaftar program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementrian Koperasi sudah mencapai sembilan ribu pelaku UMKM.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang UKM DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Nandang Sunandar mengungkapkan, sejak dibukanya pendaftaran, antusiasme para pelaku UMKM terhadap program pemerintah pusat tersebut amat tinggi.

Dari catatan sementara, sudah sembilan ribu UMKM mendaftar.

“Ya, antuasiasmenya tinggi, sejak dibukanya pendaftaran. Namun, kita hanya memfasilitasi pendaftaran verifikasi awal, verifikasi lanjutan dan eksekusinya berada diranah Pusat untuk dilakukan verifikasi dan validasi oleh Kemenkop dan UKM bersama dengan Kemenkeu dan OJK,” ungkapnya saat dihubungi, Kamis (20/8/2020).

Program tersebut, lanjut Nandang, dilakukan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang belum pernah akses kelembaga perbankan akan mendapatkan sebesar Rp2,4 juta.

Program ini sifatnya hibah, bukan pinjaman sehingga para pelaku UMKM tidak harus mengembalikannya.

“Jadi, bantuan ini diperuntukan bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk ikut aktif mendaftarkan diri melalui dinas koperasi terdekat,” terangnya.

Adapun tujuan dari BLT ini adalah sebagai bantuan kepada UMKM sebagai cara untuk memulihkan ekonomi sejak pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Melalui program tersebut, pemerintah pusat menyasar 12 juta pelaku UMKM untuk diberi bantuan.

“Jadi tidak ada batasan atau kuota setiap daerah, hanya saja finalnya ada di pemerintah pusat. Program ini, untuk membantu pemulihan ekonomi,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *