FAHAMPILKADA KOTA SUKABUMISUKABUMI

Mobil Pasangan Faham, Mobil Mantan Bupati Sukabumi

SUKABUMI-Mobil Volkswagen (VW) yang membawa pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami saat mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kota Sukabumi adalah bekas kendaraan dinas mantan Bupati Sukabumi ke 10, H. Anwari yang digunakan sekitar Tahun 1967-1978.

Selain antik, unik dan menarik, mobil dinas dengan plat awal nomor polisi F 4 D buatan pabrikan Jerman Tahun 1971 ini sengaja digunakan pada saat proses pendaftaran pasangan Faham karena dinilai memiliki arti sejarah dan makna tersirat dari ketangguhan mobil VW ini.

“Mengunakan mobil VW ini jelas memiliki sejarah dan makna tersendiri. Tempo dulu mobil ini tangguh dan cocok dikendarai di segala medan. Unik, antik dan banyak yang suka tentu. Artinya dengan begitu pasangan Faham seperti mobil inilah ibaratnya,”kata Eko Purwanto, salah seorang tim pemenangan pasangan Faham kepada radarsukabumi.com Rabu (10/1).

Ketangguhan mobil VW kata Eko juga diibaratkan dengan semangat ketangguhan Fahmi-Andri untuk membangun Kota Sukabumi kedepan.”Kira-kira makna yang kami ambil begitulah. Semangat tangguh untuk membangun Kota Sukabumi,”ujarnya.

Mobil VW Safari merupakan milik Rian Doede warga Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. VW ini memang sengaja dirancang untuk keperluan sipil, tapi ada juga yang diproduksi untuk keperluan militer saat itu. Sewaktu dibeli Doede, mobil dinas tersebut status kepemilikannya sudah menjadi aset perseorangan. Ia tidak tahu persis sudah berapa kali pindah kepemilikan VW Safari tersebut hingga kini bisa jadi koleksi mobil uniknya.

Tempo dulu tak hanya bupati, VW Safari juga tempo dulu diberikan bagi kendaraan dinas sekda dan ketua DPRD. Setelah itu barulah para camat atau kepala kewedanaan memakainya. Sejak itu pula VW Safari populer dengan julukan VW Safari camat.

“Mobil dinas bupati ini saya beli tahun 2016 dari seorang rekan pensiunan kepala dinas kependudukan. Harganya 36 juta, mesinnya masih oke untuk dipakai buat jalan-jalan,”terang pemilik mobil, Rian Doede.

Pemilik VW Safari di Sukabumi bisa dihitung dengan jari. Doede menyebut di Sukabumi hanya ada kurang lebih tiga VW Safari. Salah satu koleksi mobil jadul Doede masih jagjag gagah terawat rapi.

Tempo dulu hingga sekarang ungkap Doede, tidak ada yang banyak dirubah dari mobil dinas jadul ini. Baik itu warna, mesin dan ornamen lainnya. Hanya surat-surat kepemilikan dan plat nomor polisi saja yang mengalami beberapa perubahan.

”Pernah ada yang nawar seharga 70 juta, tapi tidak saya kasih,”ujarnya sambil tersenyum kecil (irwan/radarsukabumi)

Tags

Tinggalkan Balasan