Good Bye Ramadan 1442 Hijriyah

  • Whatsapp
Ustadz H. Dadang Ridwan, Lc Ketua Yayasan Al Manar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ikhwani fillaah…

Dalam upaya memaksimalkan nilai dari puasa kita, perlu kiranya kita menyempurnakan dengan melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW, diantaranya adalah:

Bacaan Lainnya
  1. Makan Sahur.

Inilah salah satu pembeda antara puasanya orang yahudi dan umat Nabi Muhammad SAW.

Makan sahur adalah amalan yang di dalamnya ada keberkahan. Sebagaimana sabda beliau:

تسحروا فان فی السحور بركۃ

“Mkn sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat barokah (HR Bukhori Muslim)”

  1. Segera berbuka

Rosulullah SAW bersabda yang artinya

” Manusia sensntiasa dlm kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa”.

  1. Mekaksanakan sholat Tarawih
  2. Membaca Alquran
  3. Beritikaf.
  4. Mengeluarkan Zakt fitrah
  5. Berpuasa 6 hari di bulan Syawal.

Rosulullah SAW bersabda :

عن ابن عمر رضی الله عنهما قال قال النبي صلی الله عليه وسلم من صام رمضان ثم اتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر ( متفق عليه)

“Dari ibnu Umar RA, berkata, Bersabda Rosulullah SAW: “Barang siapa yg berpuasa Romadhon trs diikuti berpuasa 6 hari di bln syawal maka ia seperti berpuasa selama setahun”.

Kenapa orang yang berpuasa ramadan terus diikuti puasa enam hari di bulan syawal seperti orang yang berpuasa selama setahun?

Karena orang yang berpuasa sehari di bulan ramadan Allah SWT lipat gandakn menjadi 10. Jadi secara kalkulasi, ketika ia berpusa selama sebulan (30hr) di kali 10=300, ditambah 6 hari X 10 = 60 jadi total semua 360 hari sama dengan jumlah hari dalam setahun.

Tidak terasa bulan suci Ramadan yang kita nanti nanti sebelumnya sebentar lagi akan segera pergi meninggalkan kita. Apakah amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini sudah maksimal atau justru kita telah menyia-nyiakan kesempatan untuk memohon ampun, memperbanyak amal kebaikan di bulan yang di mana pahalanya berlipat-lipat ganda ini?

Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah dan amal kebaikan lainnya di sisa bulan suci Ramadan ini dan dapat dipertemukan kembali dengan Ramadan tahun depan.

Ketahuilah jika semua ibadah hanya karena Ramadan sungguh ia akan pergi berlalu, tetapi jika semuanya karena Allah SWT, maka takkan ada yang berubah meski Ramadan telah pergi.

Semoga beberapa hari yang tinggal untuk Ramadan ini kita mampu untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, sebab masa berlalu terlalu cepat, semoga Allah SWT, menerima segala amal kita yang tak seberapa ini.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *