Mr Seven Eleven

Hutangnya habis. Marjin labanya malah 11 persen. Menjadi perusahaan mobil yang paling menguntungkan di dunia. Ghosn menjadi pahlawan besar di Jepang. Ia mendapat julukan “Mr Fix It”. Nama Carlos Ghosn sampai jadi merk bento: Carlos Ghosn Bento. Makanan bento dalam box. Kesukaan para karyawan dan eksekutif. Yang waktu makan siangnya sempit. Jadi lambang pekerja keras.

Carlos Ghosn Bento jadi buah bibir. Carlos Ghosn juga mendapat gelar “Mr Seven Eleven”. Dikenal tidak pernah libur. Kerja tujuh hari seminggu. Dari pagi hingga tengah malam. Penerbit komik Jepang menjadikannya super hero. Serial komik manga-nya sangat laris. Buku-buku diterbitkan. Judulnya: Inside Nissan’s Historic Revival. Ada pula: How Carlos Ghosn Rescued Nissan. Dan banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Gelar-gelar top ia terima. Mulai Man of the Year, the Best CEO, the Most Powerfull People, dan berbagai penghargaan dunia. Nissan menjadi fenomena baru. Ghosn berkuasa penuh. Dua jabatan puncak berada di satu tangannya: CEO dan sekaligus Chairman Nissan. Bahkan Ghosn juga masih menjadi CEO di Renault.

Carlos Ghosn pun mencatat sejarah baru. Satu-satunya. Sampai hari ini: menjabat dua CEO dari dua perusahaan yang sama-sama masuk Fortune 500. Ghosn tidak hanya ‘Mr Seven Eleven’. Ia juga ‘Mr Flying’. Terbang terus: Amerika, Jepang, Paris, Rio, Beirut. Rumahnya banyak: di Rio de Janeiro, Amsterdam, Beirut dan Paris.

Orang Lebanon pun menggadang-gadang Ghosn bisa menjadi presiden mereka. Tapi Ghosn menolak. Ia mengaku tidak punya ambisi politik. Ia hanya mau menjadi penasehat American University di Beirut. Ghosn memang masih sering pulang ke Lebanon. Ia merasa orang Lebanon. Kakek-neneknya orang Lebanon. Penganut Kristen Maronite. Sang kakek berimigrasi ke Brasil. Ke sebuah kota yang terpencil: Guapore. Dekat perbatasan dengan Bolivia.

Di Brasil sang kakek berdagang karet. Juga hasil bumi. Isterinya ditinggal di Beirut. Anak lelakinya, ayah Carlos Ghosn, ikut ke Brasil. Kawin dengan wanita Lebanon juga. Lahirlah Carlos Ghosn. Di kota kecil lainnya: Porto Velho. Tidak jauh dari Guapore. Saat berumur dua tahun Carlos Ghosn jatuh sakit. Tidak bisa disembuhkan. Menurut dokter sakitnya si anak lantaran kualitas air di Porto Velho. Yang tidak melalui proses pengolahan air. Penduduk di sana masih menggunakan air tanah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *