Ada Rahasia di Bulan Muharram

Pawai obor (foto: int)

Kejadian lain bulan Muharram yang tercatat dalam sejarah manusia yang ditulis dibeberapa kitab yang menulis bahwa Nabi Isa As atau Isa Al-masih atau yang dikenal Yesus Kristus bagi Agama Kristen lahir pada bulan Muharram.

Bacaan Lainnya

Peryataan itu ditegaskan dalam Alkibat Perjanjian Baru (Injil red) Lukas 22:1, Markus 14:1, Matius 26:2, dan Yohanes yang dimana didalamnya diceritakan bahwa pada saat itu adalah mendekati hari Raya paskah.

Pada Ayat-ayat selanjutnya diceritakan bahwa Yudas bersama Imam-imam Yahudi merencanakan penangkapan terhadap Yesus atau Nabi Isa AS, diceritakan pulan pejamuan akhir Yesus atau Nabi Isa As bersama muridnya, pelariannya ke Taman Getsemani, sampai dengan ditangkap oleh Pasukan Romawi. Dan tentang penyangkalan Simon Petrus tiga kali sebelum ayam berkokok.

Bagi umat Kristen dan Yahudi berdasarkan bukti sejarah diatas bahwa perayaan paskah terjadi pada bulan Muharram, tapi nama Paskah bagi umat islam perayaan tersebut dinamakan Assyurra (10 Muharram).

Dengan melihat rangkaian kejadian besar yang terjadi pada bulan Muharram maka sangat baik umat islam menyambutnya, dengan tujuan untuk mengenang dan intropeksi diri tentang kekuasan Allah SWT di Bumi.

Karena pada Bulan Muharram merupakan rangkaian kejadian sejarah bagi pemimpin Umat di Bumi baik itu bencana atau pertolongan, maka sudah sepatutnya kita sebagai umatnya merayakan bukan hanya sekedar seremoni tapi menggali apa yang terkadung dalam bulan Muharram.

Karena sebagaimana Umat Islam ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan Hijrah dari Mekah ke Madinah terjadi pada bulan Muharram.

Pada Akhinya manusia baik itu Umat Islam, Yahudi dan Nasrani memiliki keterkaitan pada Bulan Muharram yang suci ini. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai manusia yang memiliki Agama dan tuhan untuk sadar dan meresapi kejadian demi kejadian di masa lalu untuk bahan pertimbangan dalam memutuskan ataupun bertindak di masa depan.

Bagi Penulis sangat berharap dengan sedikit mengulas kejadian-kejadian besar pada bulan Muharram terdahulu setidaknya bisa membuat manusia sadar tentang apa yang akan terjadi kedepan jika tidak berkehidupan sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

Sudah dipastikan, jika manusia sebagai pemimpin dibumi tidak bisa menjaga amanat pemilik alam, maka yang maha yang memilikinya akan mengambil dan bahkan secara paksa dengan berbagai kejadian besar yang tidak diduga-duga seperti sebelumnya.

Tapi, jika manusia melakukan apa yang sudah diperintahkan pemilik alam, maka hal perubahan yang tidak diduga-duga juga bisa saja datang tanpa bisa diprediksi oleh manusia.

Semoga dengan melakukan kebaikan dibulan Muharram yang suci tahun ini, bangsa dan masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan dari Allah SWT serta diberikan pemimpin-pemimpin yang amanah kepada rakyatnya.

Akankan ada kejadian baik yang membawa bangsa ini kearah perubahan di Bulan Muharram tahun ini, atau mungkin ada kejadian besar yang merugikan, hanya Allah yang tau apa yang akan terjadi dihari yang akan datang. Semoga kita semua dapat perlindungan Allah dari hal-hal yang buruk, Aamiien. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *