Usung Anies Baswedan Jadi Bacapres, Pengamat: Nasdem Berharap Geser PDIP

Anies Baswedan dan Surya Paloh
Anies Baswedan dan Surya Paloh/Net

JAKARTA — Dengan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024, Partai Nasdem dinilai menyimpan harapan bisa masuk partai tiga besar. Bahkan bisa di posisi pertama menggeser PDI Perjuangan.

“Tentu saja, melalui Anies, Nasdem berharap masuk partai tiga besar. Bahkan bisa saja di posisi pertama,” ujar peneliti senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (3/10).

Bacaan Lainnya

Akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini melanjutkan, Partai Nasdem didirikan pada 2011 dan mulai ikut Pemilu 2014. Dalam debutnya, Nasdem berhasil mendapatkan 8,42 juta suara atau 6,74 persen dari total suara sah nasional.

“Partai ini mampu menempatkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Jumlah tersebut porsinya mencapai 6,25 persen dari total 575 anggota DPR RI,” jelas Dian.

Selanjutnya pada Pemilu 2019, partai yang dipimpin Surya Paloh ini sukses meraih 12,66 juta suara atau 9,05 persen dari total suara sah nasional. Perolehan suara ini mampu mendongkrak perolehan kursi DPR RI Partai Nasdem menjadi 59 kursi, atau 10,26 persen dari total 575 kursi yang ada pada periode 2019-2024.

“Dari angka ini, kita dapat melihat bahwa Nasdem mampu mengkapitalisasi banyak hal. Seperti metafora dari ormas menjadi partai politik. Pada 2014, boleh dibilang bahwa partai besutan Surya Paloh menjadi partai terdepan mendorong Joko Widodo menjadi calon presiden. Dengan tagline Jokowi Presidenku, Nasdem Partaiku. Dan hasilnya bisa dilihat hingga saat ini,” jelas Dian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *