Sandiaga Uno Resmi Gabung PPP, Achmad Baidowi : Posisinya Terhormat

Plt Ketua Umum PPP Mardiono klaim Sandiaga Uno sedang menjalani masa ospek sebelum resmi jadi Kader PPP-Foto/Dok/Andrew Tito-
Plt Ketua Umum PPP Mardiono klaim Sandiaga Uno sedang menjalani masa ospek sebelum resmi jadi Kader PPP-Foto/Dok/Andrew Tito-

JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bakal resmi menjadi anggota Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bergabungnya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ke PPP akan diumumkan melalui kegiatan partai pada dua hari mendatang.

“Insyaallah Rabu 14 Juni 2023,” ungkap Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi.

Bacaan Lainnya

Setelah resmi diumumkan, lanjut Baidlowi, Sandiaga Uno akan diberi jabatan strategis oleh Pelaksana Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono setelah Rapimnas PPP dalam waktu dekat. “Pak Sandi direncanakan akan menempati posisi terhormat dan strategis dalam konteks kerja elektoral,” katanya.

Baidlowi menyebut Sandiaga Uno merupakan tokoh nasional potensial. “Pernah menjabat Wagub DKI Jakarta, menjadi calon wakil presiden 2019 dan sekarang menjabat Menteri Ekonomi Kreatif Dan Pariwisata,” tuturnya.

Oleh karenanya, Baidlowi berharap bergabungnya Sandiaga Uno mampu mendongkrak elektabilitas PPP hingga dapat melampaui ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) serta signifikan menambah perolehan kursi PPP di DPR RI. “Karena itulah, jika ada yang berasumsi bahwa bergabungnya Pak Sandi ke PPP hanya demi tiket cawapres merupakan pandangan yang dangkal,” katanya.

Dia tidak menampik, setelah bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP, maka peluang untuk diusung sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) semakin kuat. “Jika telah bergabung ke PPP, jalan politik Pak Sandiaga Uno pada Pemilu 2024 semakin lebar termasuk peluang diusulkan sebagai calon wakil presiden semakin besar,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin 12 Juni 2023.

Namun, lanjut dia, hal tersebut harus melalui tahapan organisasi terlebih dahulu. “Sampai saat ini PPP belum menentukan cawapres Pak Ganjar,” ujarnya. Dia menjelaskan bahwa penjajakan komunikasi PPP dengan Sandiaga Uno sudah lama dilalukan, namun semakin intensif selama 8 bulan terakhir.

“Hal itu ditandai dengan hadirnya Pak Sandi dalam sejumlah kegiatan PPP baik di nasional maupun daerah,” terangnya.

Sebelumnya, Mardiono mengisyaratkan status Sandiaga Uno tengah masa ospek sebelum masuk partai. Di hadapan awak media, Mardiono mengatakan bahwa Sandiaga Uno masih tahap ospek sebelum resmi bergabung dengan PPP.

“Ya termasuk malam ini, kan, (Sandi) ospek,” ujar Mardiono kepada di Jakarta Pusat, Rabu 31 Mei 2023.

Mardiono menjelaskan setiap orang yang ingin jadi Kader di PPP juga harus melalui ospek yang panjang. Tahapan tersebut dapat segera selesai untuk memenuhi tahapan-tahapan pemilu.

“Harus melalui ya, jadi kalau pemimpin yang lain juga harus begitu. Ini sama di kader-kader PPP juga melalui ospek yang panjang, Mudah-mudahan kita bisa memenuhi sesuai tahapan-tahapan pemilu,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *