Politik Kabupaten Sukabumi

47 PPK Ikuti Bimtek Tungsura

SUKABUMI — Sebanyak 47 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Sukabumi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Internal Pemungutan Suara (Tungsura) untuk Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hotel Pangrango Sukabumi, Jum’at (22/3)

Komisioner KPU yang juga sebagai bagian Devisi teknis penyelenggara Budi Ardiansyah mengatakan, penyelenggara KPU harus mengetahui teknis pemungutan dan penghitungan suara, mulai tentang suara sah serta beragam warna surat suara. “Kita ini penyelenggara yang harus faham detail untuk menjawab ketika ada pertanyaan dari masyarakat,”ujar Budi Ardiansyah kepada radarsukabumi.

Sebelum membawakan materi, membagikan pra tes kepada peserta. Dalam kegiatan itu menjelaskan secara gamblang tugas-tugas KPPS mulai dari KPPS 1 sampai KPPS 7 pada proses pemungutan dan penghitungan suara.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan tata cara mencoblos surat suara. “Hal tersebut menjadi prioritas dalam mensosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Diakhir acara, peserta dibagikan form C1 untuk simulasi pengisian formulir. Serta acara ditutup dengan mengisi pos test sebagai langkah untuk merangsang pengetahuan peserta bimtek. Bimtek ini diikuti oleh seluruh PPK di 47 Kecamatan Kabupaten Sukabumi.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, proses pemilu 2019 berjalan lancar, “tukasnya.

Sementara itu,Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat Meri Sariningsih menambahkan proses pemungutan dan penghitungan suara di pemilu 2019 Berbeda dengan pemilu sebelumnya. Karna jumlah surat suara yang banyak dan waktu yang lama.

“Untuk itu PPK perlu dibekali pengetahuan tentang Pemungutan dan penghitungan suara ini. Agar nantinya tidak keliru ketika menyampaikan hasil bimtek ini ke penyelenggara dibawahnya (khususnya KPPS),”tukasnya. (hnd)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button