Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Dipenuhi Dinamika, KPU : Aman dan Kondusif

PERHITUNGAN SUARA Proses rekapitulasi hasil perhitungan suara atau rapat pleno tingkat kecamatan.(Foto : Radar Sukabumi)
PERHITUNGAN SUARA Proses rekapitulasi hasil perhitungan suara atau rapat pleno tingkat kecamatan.(Foto : Radar Sukabumi)

SUKABUMI – Meski dipenuhi dinamika, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib, dan kondusif.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno mengatakan, rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan secara umum dapat berjalan dengan lancar dan hari ini (kemarin) terkahir pleno di Kecamatan Cikole karena jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak.

Bacaan Lainnya

“Sekarang sedang dilakukan pendistribusian logistik kembali ke KPU dan gudang logistik KPU di Cemerlang Kecamatan Warudoyong. Semua dalam keadaan tersegel,” ucap Imam kepada radar sukabumi, Minggu (25/2).

Imam mengaku ada beberapa catatan dan dinamika sepanjang proses rekapitulasi hasil perhitungan suara yang digelar mulai, Senin 19 Februari 2024. Namun semua itu dapat ditangani dengan baik oleh petugas.

“Dinamika yang terjadi adalah mencangkup kesalahan input, kesalahan administrasi, lalu kesalahan penjumlahan, tetapi semua secara keseluruhan dapat ditangani. Sebab, di sana dilakukan pencocokan terhadap C1 hasil dan
disaksikan oleh pengawas pemili di tingkat kecamatan sera para saksi,” ungkapnya.

Kesepakatan koreksi koreksi ini, sambung Imam, dituangkan dalam D hasil rekapitulasi tingkat kecamatan. Adapun kejadian kejadian juga tentu tercatat dengan baik di kejadian khusus.

“Jadi kronologinya itu terekam dan tercatat dengan baik l, sehingga dapat saya katakan meskipun ada dinamika dan catatan secara umum dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Menurutnya, substansi pada pelaksanaan rapat rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan ith menghadirkan pengawas pemilu tingkat kecamatan para saksi, untuk melakukan penyamaan data terkait hasil pemilu yang dilakukan di PPS. Maka, proses pengkoreksian dilakukan secara terbuka.

“Tatkala ada keberatan saksi atau rekan rekan pengawas pemilu tingkat kecamatan itu langsung disandingkan dengan C hasil yang menjadi rujukan utama karena itulah output paling geniun dari TPS C hasil.

Pasca rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan rapat pleno di tingkat Kota Sukabumi.

“Kami menjadwalkan di antara tanggal 28 atau 2 Maret 2024, besok (hari ini) kita rapat persiapan secara internal. Mohon doa agar rapat pleno dapat kita selenggarakan dengan aman lancar kondusif dan baik,” imbuhnya.

Tidak lupa dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berjibaku dan berusaha keras serta bekerja dengan baik untuk penyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan hasil suara di tingkat kecamatan ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *