Elektabilitas Prabowo Tergantung Kinerja Jokowi

  • Whatsapp

JAKARTA– Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, menegaskan jika tim pemenangan Prabowo-Sandiaga harus bergerak secara masif melalui serangan udara dan darat.

Langkah ini penting, agar Prabowo-Sandiaga bisa mengejar ketertinggalan dari Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal ini berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consunting (SMRC), yang merilis keunggulan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Bacaan Lainnya

“Harus tetap bergerak menyerang dari udara dan darat. Di udara membangun pencitraan dengan sesuatu yang positif. Di darat dengan cara road show dan door to door untuk meraih simpati rakyat,” kata Ujang kepada RMOLJabar (grup koran ini), Senin (8/10).

Dilihat dari sisi modal kemenangan, Ujang melihat Jokowi sudah memiliki keuntungan dengan satu periode yang telah dijalaninya, termasuk meraih simpati masyarakat.

“Itulah keuntungan incumbent, peluang menangnya besar. Dan dalam politik posisi penantang seperti Prabowo harus bekerja dua kali lipat dari incumbent,” katanya.
Menurutnya, secara teori jika elektabilitas Jokowi naik, maka elektabilitas Prabowo turun dan begitu juga sebaliknya.

“Elektabilitas Prabowo akan bergantung pada kinerja Jokowi. Jika kinerja Jokowi dianggap baik, maka Jokowi yang naik elektabilitasnya dan menurunkan elektabilitas Prabowo,” pungkasnya.

 

(feb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *