Pemilih Bersuhu Tubuh Tinggi Mencoblos di Bilik Khusus

  • Whatsapp
PELANYANAN : Petugas pemilu saat melanyani pemilih pada kegiatan simulasi pemilihan serentak di wilayah Kecamatan Caringin.

SUKABUMI–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi akan menyiapkan bilik khusus bagi pemilih bersuhu tubuh di atas normal atau lebih 37,3 derajat di setiap tempat pemungutan suara agar bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 Kabupaten Sukabumi, 9 Desember mendatang.

“Untuk kriteria pemilih yang masuk bilik khusus ini didasarkan pada suhu tubuh, jadi ketika petugas ketertiban TPS yang di awal itu mengukur suhu tubuh pemilih, kemudian suhu tubuh di atas 37,5 derajat, maka petugas mengarahkan memilih di bilik khusus,” kata Ketua KPU Kabupaten Sukabumi kepada Radar Sukabumi, (24/11)

Bacaan Lainnya

Menurut Ferry, langkah tersebut ditempuh lembaga penyelenggara pemilu agar bisa memisahkan antara pemilih dengan suhu tubuh normal dengan suhu tubuh tidak normal saat pemungutan suara, dan juga antisipasi potensi penularan Covid-19 dari pemilih yang memiliki gejala.

“Di setiap TPS itu kan menyediakan empat bilik, tiga bilik itu untuk pemilih yang bersuhu tubuh 37,3 ke bawah artinya yang normal, sehat, kemudian satu bilik untuk pemilih yang suhu tubuh 37,3 ke atas. Jadi skriningnya itu ada di pengukuran suhu di awal,”terangnya.

Sementara, pelayanan pasien positif terinfeksi COVID-19, Ferry mengatakan, akan dilayani petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) terdekat dengan dilengkapi perlengkapan alat pelindung diri dan hazmat.

Sesuai di dalam Peraturan KPU secara jelas sudah diatur siapapun pemilih termasuk pasien Covid-19 tetap dilayani, dan prosesnya akan dilakukan oleh TPS terdekat bersama dengan rumah sakit khusus atau rumah sakit rujukan pasien corona.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *