LSI Denny JA: Ketum Airlangga Sosok Capres Kuat dari KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidatonya di Surabaya, Minggu (14/8/2022). (Foto : ist)

JAKARTA-Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, menilai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menjadi sosok calon presiden kuat dari salah satu poros koalisi.

Airlangga dinilai menjadi sosok utama dari poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Menurut Ardian, selain sebagai ketua umum partai, Airlangga kini merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Bacaan Lainnya

“Hal yang rasional juga ketika naik level menjadi capres atau cawapres di 2024,” tutur Ardian, dalam paparannya secara daring, Selasa (16/8/2022).

LSI Denny JA memprediksi akan muncul tiga poros utama pada Pilpres 2024. Yakni, poros PDIP, KIB, dan Gerindra-PKB.

Selain munculnya Airlangga yang jadi sosok sentral di KIB, nama Ketua DPR Puan Maharani juga muncul sebagai sosok capres kuat dari poros PDIP. Sebelum menjabat ketua DPR, Puan sebelumnya menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Sehingga memang naik level menjadi capres maupun cawapres memang pilihan yang paling rasional dibanding dengan yang lain,” kata Ardian.

PDIP diprediksi tidak akan maju sendirian, melainkan menggandeng partai lain. Hanya saja, ada tiga partai yang sulit diajak koalisi oleh PDIP.

Pos terkait