Indonesia Tidak Mengenal Oposisi Murni

  • Whatsapp

JAKARTA,RADARSUKABUMI.com – Sistem politik yang dijalankan di Indonesia selama ini tidak pernah mengenal istilah oposisi murni atau seutuhnya menjadi “penantang” pemerintah. “Biasanya di Indonesia kan tidak ada yang murni oposisi,” ujar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (15/7).

Airlangga mencontohkan dalam perpolitkan Barat, kelompok oposisi akan bermain dengan totalitas yakni mengkritik dan memberikan penjelasan berlawanan terhadap kebijakan pemerintah. “Oposisi dalam konteks politik Barat kan seluruh kebijakan kan dioposisi, tetapi dari pengalaman kita (di Indonesia) tidak begitu,” jelas Menteri Perindustrian ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, partai politik yang berada di luar pemerintahan dalam konteks Indonesia dalam beberapa kebijakan yang dinilai baik untuk rakyat. Mereka pun turut memberikan dukungan. “Partai politik di Indonesia dalam tanda petik rasional untuk menerima aspirasi masyarakat dan untuk mendukung program-program pemerintah yang dirasa baik,” demikian Airlangga.

 

(rmol/jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *