Ide Prabowo Tangani Masalah Bencana Di Indonesia

  • Whatsapp
Koordinator Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak

RADARSUKABUMI.com – JAKARTA– Indonesia merupakan negara yang rentan terhadap bencana. Atas alasan itu, calon presiden Prabowo Subianto mengeluarkan ide pembentukan Kementerian Negara Penanggulangan dan Mitigasi Bencana.

Begitu tegas Koordinator Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1).

Bacaan Lainnya

Dia menguraikan bahwa kementerian ini nantinya akan menggabungkan tiga institusi negara agar bisa terkoordinasi dengan baik. “Ketiganya adalah BNPB, Basarnas, dan BMKG.

Sehingga tidak lagi terjadi masalah-masalah keterlambatan penanganan dan deteksi dini yang salah terhadap bencana alam,” tegasnya dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL (grup koran ini).

Mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah itu menjelaskan bahwa selama ini kekuatan penanganan bencana alam adalah relawan dari institusi-institusi keagamaan dan sosial.

Mereka bahkan bekerja bisa lebih cepat dibandingkan negara. “Melalui Kementerian Penanggulangan dan Mitigasi Bencana, yang digagas Mas Prabowo, konsolidasi bisa lebih baik,” jelasnya.

Ada dua tugas utama dalam kementerian ini, yaitu penanganan dan penanggulangan pasca bencana. “Yang utama dan pertama adalah mitigasi bencana melalui penelitian, teknologi deteksi, dan pendidikan,” pungkasnya.

 

(aga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *