Hergun Ucapkan Pesan Menyejukkan saat Tinjau Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Sukabumi

Anggota DPR RI Heri Gunawan saat meninjau rapat pleno tingkat kabupaten Sukabumi di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Komplek Jajaway, Palabuhanratu, Selasa (5/3). FOTO: NANDI/ RADARSUKABUMI

PALABUHANRATU – Anggota DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan meninjau secara langsung rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sukabumi di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Komplek Jajaway, Palabuhanratu, Selasa (5/3).

Hergun, demikian sapaan akrab Heri Gunawan mengatakan, kunjungan tersebut sesuai tugas pokok dan fungsinya di Komisi II DPR RI yang bermitra dengan KPU, Bawaslu dan DKPP untuk mengetahui sejauh mana tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sukabumi.

“Kita ketahui bersama kesuksesan sebuah pemilu itu yang pertama tahapan tahapan berjalan dengan baik,” ungkap Heri Gunawan kepada awak media.

Hergun juga mengatakan, kedatangannya untuk mengetahui tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024. Di Kabupaten Sukabumi sendiri terdapat lebih dari 70 persen tingkat partisipasi sehingga patut diberikan apresiasi.

“Tentunya kami juga ingin mengetahui sejauh mana keamanan dan kenyamanan yang diberikan oleh penyelenggara kepada para peserta pemilu dalam hal ini partai politik. Kita berharap dan masyarakat berharap dari kontestan yang ada ini dapat terpilih yang terbaik sesuai dengan tingkatannya,” jelas Ketua DPP Partai Gerindra ini.

“Hari ini kita ketahui bersama semua berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tahapan tahapannya walaupun juga patut diketahui bersama bahwa pemilihan ini ada 5 tingkatan, mulai presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota,” imbuhnya.

Lanjut Hergun, dalam tahapan perhitungan memerlukan waktu antara tiga sampai empat jam perhitungannya. Sehingga jika TPS ditutup jam 1 siang, dengan memulai perhitungan dari jam 2, akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan perhitungan.

“Sehingga tidak tertutup kemungkinan memang penyelenggara sangat lelah, dalam artian capaian dalam proses perhitungan, tapi itu bagian dari tanggung jawab, dan saya lihat semua proses sudah berjalan dengan baik dan lancar,” terangnya.

Hergun menegaskan, meski Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten kedua terluas di Jawa-Bali dan terdapat 47 kecamatan dengan jumlah 8.000 TPS, sejauh ini setiap tahapan tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dengan baik.

“Yang namanya puas tidak puas pasti ada, yang namanya salah input untuk dikoreksi pasti ada, cuma kami berharap penyelenggara partai politik mari kita sama sama menjaga integritas kita, mari kita tumbuh kembangkan demokrasi yang sehat dan bermanfaat harapan saya seperti itu,” paparnya.

Untuk itu, Hergun mengajak semua pihak agar proses pemilu sudah usai untuk bersama-sama mulai mengesampingkan perbedaan pendapat yang sebelumnya terjadi. Karena yang namanya politik sebaiknya dilakukan sewajarnya sehingga akan lebih baik untuk bersama sama berkawan.

“Mari kita bersilaturahmi selamanya, mari kita sama sama membangun Sukabumi kesampingkan perbedaan, yang terpilih tidak terpilih, itu semua kembali kepada masyarakat, kembali kepada tingkatan masing-masing, kembali kepada keinginan masyarakat. Kalau masyarakat sudah memilih sesuai dengan keinginannya tentunya yang bersangkutan pasti akan menang,” pungkas Hergun. (ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *