DPD RI: Mari Kita Menahan Diri

  • Whatsapp
Ketua DPD RI Oesman Sapta

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyesalkan kerusuhan di Kota Manokwari, Papua Barat oleh sekelompok massa. Gelombang aksi di Manokwari diduga dipicu oleh aksi persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa oleh oknum warga Surabaya, Jawa Timur. “Mestinya itu tidak perlu terjadi, kalau kita masing-masing dapat menahan diri,” kata Ketua DPD RI Oesman Sapta di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

OSO begitu dia akrab disapa berpesan kepada tokoh dan elite untuk bisa turun ke lapangan menenangkan massa dan mencari tahu apa yang sebetulnya terjadi. “Saya pikir memang sebagai pimpinan kota, kita harus memahami betul kejadian, dan tidak cepat mengambil suatu keseimpulan atau keputusan yang menimbulkan reaksi-reaksi yang tidak enak,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Sambung OSO, untuk betul-betul meredam aksi massa tersebut perlu dilakukan dialog-dialog kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat. “Sama-sama harus kita selesaikan dengan kepala dingin, sejuk dan menyejukan, karena ini bangsa Indonesia,” tukas Senator asal Kalimantan Barat ini.

Aksi kekerasan di Manokwari seperti pembakaran gedung DPRD Papua Barat pada Senin pagi, menjelang siang sudah berangsur kondusif. Pejabat dan aparat sudah melakukan dialog dengan perwakilan massa demonstran yang tidak terima kejadian di Jatim.

 

(rmol/jpg)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *