Anies Baswedan Siap Didukung Dua Partai, Calon Kuat Pilpres 2024?

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

RADARSUKABUMI.com – Angin segar diprediksi bertiup ke arah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada momen Pilpres 2024. Pasalnya, ada dua partai yang bakal kompak merapat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai kandidat.

Itu merupakan hasil analisis dari pengamat politik Ujang Komarudin. Dia menyebut dua partai itu adalah PKS dan Nasdem.

Bacaan Lainnya

“Sekarang memang belum terlihat, namun bisa saja partai yang mengusung Anies Baswedan itu PKS dan NasDem,” ujar Ujang kepada JPNN, Senin (12/4/2021).

Ada sejumlah faktor yang menjadi dasar bagi analisis Ujang. Pertama, adalah soal kedekatan antara PKS dan Anies Baswedan. Meski Anies Baswedan bukan kader PKS, keduanya direkatkan dengan kultur religius.

Mengenai dukungan dari NasDem, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review menganalisis hal itu terjadi karena politikus senior Jusuf Kalla (JK). ”NasDem itu punya Surya Paloh yang berkawan secara politik dan bisnis dengan JK,” tutur Ujang.

Sementara JK dikatakan memiliki hubungan yang baik dengan Anies Baswedan. Namun demikian, pengajar di Universitas Al Azhar itu mengingatkan bahwa analisisnya itu hanya sebatas prediksi.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada kesepakatan ataupun perjanjian terkait pencapresan Anies Baswedan. (jpg/izo)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *