POLITIK

329 surat suara DPR RI rusak

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan ratusan surat suara DPR RI yang rusak. Hal tersebut ditemukan saat proses penyortiran yang dilakukan oleh petugas KPU di Gudang Logistik, kemarin.

“Dalam dua hari ini, kita menemukan sebanyak 329 surat suara rusak dari yang sudah disortir 134.500 lembar. Total surat suara DPR RI yakni 237.345 lembar,” ujar PLT Sekretaris KPU Kta Sukabumi, Basuki, kemarin.

Kondisi rusak itu kata Basuki berbagai macam mulai dari sobek, warnanya pudar, kotor dan lainnya. Nantinya surat suara yang rusak itu dikumpulkan, lalu dikembalikan untuk digantikan dengan surat suara yang baru.

“Tapi nanti kami sortir kembali surat suara yang rusak, biar benar-benar dipastikan secara pasti kerusakannya,” ujarnya.

Dalam proses sortir kali ini dilakukan oleh 170 orang untuk membereskan sebanyak 4 jenis surat suara. Untuk 1 jenis surat suara itu akan diselesaikan dalam waktu 4 hari.

” Jadi empat jenis suarat suara ini bisa selesai dalam kurun waktu selama 16 hari,” ujarnya.

Teknisnya sendiri kata Basuki dilakukan satu persatu jenis surat suara, sehingga nanti tidak berantakan. ” Yang pertama ini DPR RI dulu, sudah selesai baru lanjut ke yang lainnya,” katanya.

Ditambahkannya, untuk petugas sortir tersebut dibagi ke dalam tujuh kelompok. Setiap kelompoknya ditargetkan mampu menyelesaikan 10ribu surat suara. “Kita targetkan setiap kelompok bisa menyortir dan melipat sebanyak 10ribu surat suara,” pungkasnya.

(bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button