Beasiswa Wali Kota Sukabumi Dongkrak APK

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi serah terima calon mahasiswa penerima Beasiswa Wali Kota Sukabumi tahun 2022, didampingi Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan di Gedung Aher Sukabumi, Rabu (13/4/2022).

SUKABUMI – Sebanyak 66 pelajar di Kota Sukabumi beruntung mendapat kesempatan besar meraih beasiswa gratis sampai lulus di Universitas Nusa Putra, dalam program Beasiswa Wali Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan serah terima calon mahasiswa penerima Beasiswa Wali Kota Sukabumi tahun 2022 dan juga didampingi Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan di Gedung Aher Sukabumi, Rabu (13/4/2022).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, beasiswa wali kota ini merupakan kerjasama Pemkot Sukabumi dengan Universitas Nusa Putra yang sudah terjalin selama dua tahun.

Dikatakannya program beasiswa ini mampu meningkatkan angka partisipasi warga dalam mengenyam pendidikan tinggi khususnya di Kota Sukabumi.

“Alhamdulilah hari ini kita melakukan proses terima calon mahasiswa baru hasil seleksi Beasiswa Wali Kota tentunya kami berharap mereka bisa memanfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya,” terang Fahmi kepada Radar Sukabumi.

Beasiswa ini lanjut Fahmi mendorong angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi warga meningkat karena masih ada warga yang belum kuliah.

Harapannya kerjasama dengan Nusa Putra membahagiakan karena akan menambah jumlah persentase warga yang mengenyam pendidikan tinggi.

“Harapannya dengan kerjasama yang sudah terjali dua tahun ini dan sudah menghasilkan dua angkatan, mereka yang terpilih bisa menjaga nama baik pemerintah Kota Sukabumi dan Universitas Nusa Putra sebagai kampus almamater kdan juga kampus kebanggaan kita,” tegasnya.

Diketahui calon penerima Beasiswa Wali Kota ini sebanyak 66 calon mahasiswa yang terdiri dari 33 penerima beasiswa kategori 1 dan 33 calon mahasiswa kategori 2.

Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan mengatakan, program Beasiswa Wali Kota tahun ini mengalami peningkatan yang cukup besar terbukti dari tahun 2021 pendaftar hanya sekitar 500 peserta kini meningkat menjadi 700 lebih peserta yasng mendaftar beasiswa Wali Kota Sukabumi tahun 2022.

“Sama seperti tahun sebelumnya beasiswa ini kita adakan proses seleksi yang begitu ketat mulai dari seleksi administrasi, hingga seleksi ujian tertulis.

Sesuai dengan program beasiswa ini satu kelurahan satu sarjana maka untuk yang lolos ada 33 peserta, sesuai jumlah kelurahan yang ada di Kota Sukabumi.

Namun karena antusias cukup banyak akhirnya kita bagi dua kategori yaitu kategori 1 dimana nilai tertinggi dari dan berhak meraih beasiswa full gratis sampai lulus dan di kategori kedua sebanyak 33 peserta dimana meraka meraih nilai tertingi kedua dan berhak menerima beasiswa di satu semester saja,” jelasnya.

Sebagai informasi untuk peraih nilai tertinggi pertama diraih oleh Najla Ghaida Fauziyah siswi SMKN 2 Kota Sukabumi dan peraih nilai tertinggi kedua yaitu Much Aufa Salik SMKN 2 Kota Sukabumi.

Sementara sekolah pendaftar terbanyak yaitu MAN 1 Kota Sukabumi dan SMKN 2 Kota Sukabumi sebagai peraih penghargaan siswa pendaftar terbanyak kedua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Hasan Asari sangat mendukung dan mengapresiasi adanya program Beasiswa Wali Kota Sukabumi ini, menurutnya beasiswa ini sebuah penghargaan dari Universitas Nusa Putra dan Pemerintah Kota Sukabumi terhadap pelajar yang ada Kota Sukabumi.

“Seperti yang pak wali sampaikan dalam upaya meningkatkan angka partisipasi murni (APM) perguruan tinggi di Sukabumi tentunya harus banyak warga Kota Sukabumi yang banyak pelanjutkan ke perguruan tinggi baik D3 maupun S1 dimana dikemudian secara perlahan hari akan berdampak pada meningkatnya APK danAPM perguruan tinggi untuk Kota Sukabumi karena salah satu keberhasilan atau indikator keberhasilan daerah dalam membangun di sektor pendikdikan itu adalah indek pendididikan,” terangnya.

Lanjut Hasan, indek pendidikan itu salah satunya ditopang oleh angka partisipasi kasar dan partisipasi murni.
Beasiswa Wali Kota dengan Nusa Putra satu bagian yang tidak dapat dipisahkan karena ini sejalan dengan visi Wali Kota Sukabumi yaitu pengembangan sumber daya manusia. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.