Universitas Muhammadiyah Sukabumi Bagikan Masker Kain

  • Whatsapp
Universitas Muhammadiyah Sukabumi Bagikan Masker Kain
Mahasiswi Ummi bagikan masker kain kepada pedagang dan pengemudi ojek online.

RADAR SUKABUMI – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi) menggelar aksi bagi-bagi masker kain di Jalan Syamsudin, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Tim Satgas Covid-19 menggandeng Unit Pelaksana Teknis Humas, Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT HPPMB) mereka terjun langsung dengan menerapkan physical distancing.

Bacaan Lainnya

Staff UPT HPPMB Ummi Sigit Senjaya mengatakan, saat ini masker menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat berada di luar rumah, namun tingginya harga masker membuat sejumlah warga sulit untuk mendapatkannya.

“Melihat kondisi ini, kita merasa tergerak untuk menggelar aksi bagi-bagi masker kain kepada warga,” terangnya kepada Radar Sukabumi.

Dikatakan Sigit, masyarakat yang menjadi sasaran adalah para pekerja yang berisiko terpapar infeksi virus Covid-19 seperti ojek, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.

Tidak hanya membagikan masker, tetapi juga mengedukasi cara penggunaan dan perawatan masker kain dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Dijelaskannya, masker kain dapat digunakan oleh masyarakat non-tenaga medis untuk mengantisipasi penularan Covid-19 melalui droplet atau percikan air liur yang menempel pada permukaan benda.

Penggunaan masker kain ini dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan surgical mask ataupun masker disposible dan masker N-95 yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.

Masker kain ini dapat digunakan hingga 4 jam per harinya dan harus segera dicuci dengan menggunakan air bersih dan detergen untuk membunuh mikroba yang terserap pada masker tersebut.

“Masyarakat harus mengerti cara use dan reuse masker kain dengan tepat, sehingga penggunaannya akan efektif dan tidak sia-sia dalam mencegah penularan Covid-19,” tutupnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *