Universitas Ini Buka Prodi Main Game

SEMARANG – Perkembangan industri game dan eSport di Indonesia ternyata telah berdampak jauh. Tidak saja pada perekonomian kreatif bahkan ke dunia pendidikan akademik.

Salah satu universitas di Jawa Tengah membawa industri game lebih dari sekadar hobi. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, Jawa Tengah, baru saja membuka program studi (prodi) eSport untuk tahun ajaran 2018/2019.

Pembina Program eSport Udinus Nicodemus Widiutomo beralasan, bermain game saat ini tidak hanya sekadar hobi. Udinus melihat ada potensi besar terkait perkembangan industri game ini, bila dikelola dengan baik dan dibekali sumber daya manusia yang kompeten dan berkarakter.

Bermain game bukan hanya menjadi mata pelajaran di Udinus, lanjut Nicodemus, tapi juga telah menjadi penjurusan kuliah yang dapat diambil oleh calon mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang eSport.

“Titik berat penjurusan yaitu pembekalan keterampilan, pengetahuan dan karakter yang mana hasil akhirnya adalah lahir calon atlet eSport profesional,” kata Nicodemus.

Terkait pandangan pro dan kontra masyarakat luas mengenai perkembangan industri game dan eSports di Indonesia pada kalangan usia pelajar dan mahasiswa, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Indonesian eSports Association (IeSPA) Jawa Tengah itu mengamini bahwa masih ada stigma tersebut terutama di kalangan orang tua.

“Kami sadar bahwa masih ada pendapat kurang baik mengenai kecanduan bermain game. Oleh karena itu, kami memberikan fasilitas dan pendampingan pribadi, agar peserta didik tidak kecanduan. Bagaimanapun pendidikan tetap menjadi prioritas utama dan kami memantau dan mengevaluasi nilai akhir dari setiap mahasiswa,” jelas Nico.

Lebih lanjut, Nico berpendapat bahwa kehadiran dan dukungan berbagai pihak sangat penting untuk mempercepat kemajuan industri game dan eSport di Indonesia, salah satunya platform live streaming seperti Nimo TV.Program Esport di Udinus hasil kerja sama dengan Indonesia e-Sport Association (IeSPA).

 

(mg8/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.