Kampus UBSI Sukabumi Siapkan Mahasiswa Unggul di Bidang Pemrograman Android

  • Whatsapp

SUKABUMI – Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Teknik dan Informatika menggelar workshop pemrograman Android bagi mahasiswa.

Kegiatan ini bertajuk Workshop Mengintegrasikan Web Service di Aplikasi Android. Menghadirkan Saeful Bahri sebagai narasumber.

Bacaan Lainnya

Workshop ini dilaksanakan selama tiga jam live via zoom mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kamis (27/08).

Saeful Bahri memaparkan tentang bagaimana mengintegrasikan web service di aplikasi android dan mempraktikkan secara langsung bagaimana membuat aplikasi android dengan database yang terhubung langsung menggunakan web.

“Web service merupakan kumpulan standar atau protokol untuk bertukar informasi antara dua perangkat atau aplikasi dan memfasilitasi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan dengan menggunakan 3 style yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi. Web service selalu membutuhkan jaringan untuk pengoperasiannya dan bisa disimpulkan semua web service menggunakan API,” papar Saeful.

Sementara itu Denny Pribadi, Kepala Program Studi Ilmu Komputer kampus UBSI Sukabumi mengatakan tujuan workshop ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa mengenai pemrograman android.

“Android merupakan sebuah platform untuk pengembangan aplikasi mobile, dan kemajuannya sangat pesat, android kini menguasai pasar aplikasi untuk smartphone,” ujar Denny.

Ia juga menjelaskan penggunaan perangkat bergerak seperti smartphone yang berbasis sistem operasi android sudah banyak digunakan oleh masyarakat, terutama untuk aplikasi android yang memanfaatkan koneksi internet atau bisa dikatakan berbasis web service, untuk itu diperlukan programmer-programmer yang mampu membangun aplikasi berbasis android dan terhubung dengan web.

“Dengan peningkatan jumlah aplikasi dan pengguna, serta dukungan dari beberapa perusahaan pembuat tablet atau smartphone yang mendukung teknologi android, bisa dipastikan menguasai pemrograman dan mampu membuat aplikasi android merupakan sebuah keunggulan dan sebuah investasi yang baik,” tutup Denny. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *