Gather Town, Cara Asyik Belajar Daring di Masa Pandemi

  • Whatsapp
UBSI Gather Town

SUKABUMI – Tim dosen dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi melakukan pengabdian masyarakat di Yayasan Nurul Hikmah, Kota Sukabumi dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang digelar secara daring, selama dua hari, Sabtu & Ahad, 6-7 November 2021.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas BSI Kampus Sukabumi, Erika Mutiara mengatakan pengabdian masyarakat ini berupa pendampingan dan pelatihan kepada guru-guru di Yayasan Nurul Hikmah mengenai penggunaan aplikasi “Gather Town”.

Bacaan Lainnya

Menurut Erika di masa pandemi sekarang ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Meskipun sudah ada beberapa sekolah yang mulai mulai belajar secara tatap muka, akan tetapi hal itu masih dilakukan secara terbatas. Sehingga pembelajaran dilakukan secara daring dan juga tatap muka.

Mulai beralihnya perubahan sistem pembelajaran seperti ini, tentunya setiap guru harus memiliki inovasi pembelajaran agar siswa tidak cepat bosan terutama saat belajar secara daring. Melihat hal itu, dosen Universitas BSI kampus Sukabumi mencoba memperkenaklan aplikasi Gather Town untuk pembelajaraan secara daring.

“Pelatihan yang kami berikan mengusung tema Aplikasi Video Conference menggunakan Gather Town, kami memberikan pelatihan mengenai gather town karena kelebihan Gather Town dibandingkan zoom dan google meet yakni menjadi platform yang tidak sekedar digunakan hanya untuk virtual meeting saja. Dan uniknya aplikasi Gather Town ini memungkinkan kita untuk menambahkan komponen dan alat virtual ke ruang seperti papan tulis, podium, atau aliran video layaknya ruang kelas atau konferensi asli,” kata Erika.

“Oleh karena itu, virtual meeting menggunakan aplikasi ini rasanya seperti bermain game karena tampilan dan fiturnya yang sangat unik. Selain itu juga, aplikasi Gather Town memiliki kemampuan untuk bergerak dan berinteraksi dengan peserta lain berdasarkan lokasi di ruangan tersebut, seperti dalam kehidupan nyata,” terangnya.

Dijelaskan Erika, Aplikasi Gather Town merupakan sebuah platform yang menggabungkan video call dengan peta 2D, yang memungkinkan pengguna berjalan-jalan dan berbicara dengan orang lain.

Hal ini memberikan sebuah pengalaman baru bagi peserta yang sebelumnya meeting virtual hanya menatap layar monitor, sekarang peserta dapat berjalan jalan berkeliling ruangan layaknya seperti hadir secara fisik dalam pertemuan offline di kelas.

“Pelatihan kita laksanakan dua hari yaitu pada 6-7 November 2021 pelaksanannya sendiri kita laksanakan secara online dan offline,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Nurul Hikmah Kota Sukabumi Dedem Hudaemi mengucapkan terima kasih kepada tim dosen Univesitas BSI kampus Sukabumi, karena telah memberikan pelatihan dan edukasi yang bermanfaat kepada para pengajar di Yayasan Nurul Hikmah

” Saya berharap setelah diadakannya pelatihan ini para pengajar di Yayasan Nurul Hikmah Kota Sukabumi dapat segera mengaplikasikan penggunaan Aplikasi Video conference menggunakan Gather Town ini, dari segala aktivitas yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di sekolah dan keperluan lainnya, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengajar dalam menggunakan video conference,” pungkasnya.(*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *