SMKN 2 Ciptakan Pakan Ikan Otomatis

  • Whatsapp
Pritha Paramesthi selaku guru SMKN 2 Kota Sukabumi bersama sejumlah pelajarnya menunjukkan piala yang diraih di ajang Anugerah Atikan Jabar 2019.

SUKABUMI – Anugerah Atikan Jawa Barat (Jabar) 2019 kembali digelar. Ajang bergengsi yang diselenggarakan Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tikomdik) Dinas Pendidikan Provinsi Jabar ini diikuti ratusan SMA/SMK se-Jabar.

Tahun ini Kota Sukabumi berhasil menjuarai lomba Anugerah Atikan Jabar 2019. Diwakili oleh SMK Negeri (SMKN) 2 Kota Sukabumi, berhasil menjadi juara kedua dalam ajang Anugerah Atikan Jabar 2019 kategori Pendidikan Teknologi Perikanan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan prestasi membanggakan, dan sempat tidak percaya kami bisa keluar sebagai pemenang,” ujar Pritha Paramesthi selaku guru sekaligus peserta lomba Anugerah Atikan Jabar 2019 mewakili SMKN 2 Kota Sukabumi kepada Radar Sukabumi, Selasa (26/11).

Ditambahkan Pritha, penghargaan tersebut menjadi kado terindah di menjelang akhir tahun ini.

“Awalnya kita mendaftar lomba ke Tikomdik secara online pada portal dinas pendidikan. Kami memilih mengikuti mata lomba Pendidikan Teknologi Perikanan, karena setelah berdiskusi dengan tim, produk yang akan diangkat adalah pakan ikan. Otomatis untuk memudahkan peternak budidaya ikan dalam memberi pakan kepada ikan ternaknya.

Setelah mendaftar, peserta diseleksi berdasarkan hasil pendaftaran oleh panitia,” jelasnya.

Setelah dilakukan seleksi tahap awal, SMKN 2 Kota Sukabumi lolos tahap pertama sehingga diadakan video conference yang wajib diikuti oleh seluruh peserta.

Dari sini sudah dimulai penilaian peserta untuk keaktifan baik di video conference atau di Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik. Selanjutnya pihaknya diberi waktu untuk menyelesaikan produk alat dan video, dengan waktu kurang lebih lima minggu.

“Setelah selesai, video diunggah melalui MOOC untuk seleksi finalis enam besar. Alhamdulillah kami dapat kesempatan mewakilkan SMKN 2 Sukabumi untuk berangkat menjadi finalis enam besar ke Anugerah Atikan Jabar 2019. Di sana kami mempresentasikan dan memperagakan produk yang kami buat,” ucapnya.

Adapun produk yang dibuat oleh SMKN 2 Kota Sukabumi berupa “Smart Feeder” yaitu pakan ikan otomatis. Selain itu terdapat pula pameran sebagai bagian akhir dari penilaian produk. Setelah selesai rangkaian penilaian, acara akhir dari Anugerah ATIKAN Jabar yaitu malam penganugerahan.

“Alhamdulillah sekali lagi kami mewakili SMK Negeri 2 Sukabumi menjadi juara 2 di bidang Pendidikan Teknologi Perikanan pada Anugerah Atikan Jabar 2019,” ucapnya bangga.

Peserta lomba Anugerah Atikan Jabar bidang Pendidikan Teknologi Perikanan ada enam tim. Selanjutnya tim yang masuk menjadi finalis ada lima tim yang terdiri dari guru dan murid, murid saja, atau guru saja tergantung dari mata lombanya.

“Kalau Pendidikan Teknologi Perikanan kebetulan satu tim terdiri dari peserta guru seorang dan peserta siswa tiga orang, dan SMKN 2 itu timnya terdiri dari satu guru peserta, saya Pritha Paramesthi Angelina dan tiga orang siswa peserta dari kelas XI TKJ yaitu Angga Agustian, Moh. Irdi Alfarizi, Sandi Muharom dengan nama tim Robotik – IOT Delta SMK Negeri 2 Sukabumi,” tambahnya.

Untuk produk Smart Feeder sebelumnya pernah pernah diuji coba di SMKN 2 Kota Sukabumi, dan hasilnya alat berjalan lancar dan dapat membantu dalam memberi pakan ikan secara otomatis.

“Semoga dengan adanya prestasi ini SMKN 2 Kota Sukabumi bisa terus berprestasi dan berinovasi untuk mengharumkan nama baik SMK Negeri 2 Sukabumi,” pungkasnya. (wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *