SMKN 1 Kota Sukabumi Tanam dan Sebar 900 Pohon

  • Whatsapp
Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi, Saepurahman Udung simbolis menyerahkan salah satu pohon kepada Plt Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III, Abdul Muiz di SMKN 1 Kota Sukabumi.

SUKABUMI – Guna menyukseskan program Gubernur Jawa Barat (Jabar) mengenai Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP), SMK Negeri 1 Kota Sukabumi melakukan aksi sosial tanam dan sebar 900 pohon.

Penanaman dan penyebaran pohon dilakukan di SMKN 1 Kota Sukabumi, Jalan Kabandungan, Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Kamis (11/6).

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dihadiri Dinas Kehutanan Wilayah III Provinsi Jabar.

“Kami mendukung penuh program Gubernur Jawa Barat terutama dalam hal lingkungan, karena ini sesuai dengan Visi dan Misi SMKN 1 Kota Sukabumi,” ujar Kepala SMKN 1 Kota Sukabumi Saepurahman Udung kepada Radar Sukabumi.

Selain dalam rangka mendukung program pemerintah, Udung mengklaim aksi tanam pohon ini juga selaras dengan Visi SMKN 1 Kota Sukabumi yaitu menjadi SMK rujukan yang religius, profesional dan asri.

“Aksi kali ini kita menyumbang 900 pohon, di mana 60 pohon ditanam di lingkungan sekolah dan sisanya kita serahkan ke Dinas Kehutanan untuk nantinya disebar dan ditanam di lokasi yang lahan kritis,” ujarnya yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua PGRI Kota Sukabumi.

Menurutnya ratusan pohon tersebut didapat dari sumbangan para guru SMKN 1. Masing-masing satu orang guru menyumbang 10 pohon. Aksi ini juga sebagai wujud kepedulian guru-guru terhadap lingkungan.

“Ke depan kita akan melibatkan siswa untuk menyumbang pohon, karena sekarang sedang masa pandemi jadi kita hanya melibatkan guru saja,” tuturnya.

Dikatakan Udung keterlibatan murid dalam aksi menanam pohon ini sebagai bentuk edukasi agar siswa bisa lebih mencintai lingkungannya. Apalagi saat ini bumi semakin tua, penduduk bumi semakin banyak.

Pengalihan lahan hijau menjadi lahan industri semakin luas. Hal ini menyebabkan lahan hijau semakin berkurang. Keadaan seperti ini terjadi di banyak tempat, termasuk di wilayah Provinsi Jabar tidak terkecuali Kota Sukabumi.

Untuk itu, butuh antisipasi sejak dini, untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah melakukan gerakan menanam pohon untuk menambah lahan hijau. Ia pun berharap aksi ini bisa diikuti oleh sekolah lainnya agar Jabar khususnya Kota Sukabumi lebih sehat dan asri. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *