SMAN 5 Gelar Pilkasis

  • Whatsapp

SUKABUMI — Para pelajar SMAN 5 Kota Sukabumi mengikuti Pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis) yang diselenggarakan di Lapang SMAN 5 Kota Sukabumi, senin (25/9/2017).

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan itu, sebagai ajang pembelajaran demokrasi bagi para pelajar. Dalam pemilihan tersebut, para pelajar bebas memilih jagoannya yang akan memimpin OSIS pada periode baru.

Bacaan Lainnya

Wakil Kesiswaan SMAN 5 Sukabumi Budi Setia Baskara mengatakan Pilkasis yang diselenggarakannya ini mirip dengan pemilihan kepala daerah. Dimana para calon pemilih dan kandidat ketua OSIS melakukan berbagai tahapan layaknya ajang demokrasi sungguhan.

“Untuk calon kandidat ketua sendiri diikuti enam pelajar. Selanjutnya ke enam kandidat tersebut di interview dan terpilih sebanyak tiga calon,” katanya.

Budi menambahkan, setelah melaksanakan berbagai tahapan, para pelajar yang terpilih melakukan kampanye pada setiap kelas untuk menyampaikan Visi serta Misinya.

“Pemilihan seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa mengikuti rangkaian kegiatan, dari debat, orasi visi misi, hingga memilih di bilik suara,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemahaman pemilu memang sengaja ditanamkan sejak dini supaya siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa ada paksaan. Selain itu, pemimpin yang dipilih sesuai dengan harapan para peserta didik. Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan pelajar yang bertugas menjadi saksi.

“Ada yang berperan sebagai pembuka surat suara sembari melihat kondisi surat suara apakah sah atau tidak,” paparnya.

Dengan terpilihnya ketua OSIS baru, estapet kepemimpinan OSIS di SMAN 5 Kota Sukabumi berjalan secara normatif sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan sehingga ketua OSIS baru terpilih bisa melanjutkan program kerja OSIS sebelumnya.

“Inovasi, kreasi dan kompetensi leadership merupakan modalitas utama untuk menjadikan SMAN 5 Kota Sukabumi menjadi lebih baik. Peran aktif serta dedikasi seorang Ketua OSIS menjadi kunci suksesnya organisasi,” pungkasnya.

 

(Cr16/t)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *