Siswa SMPN 12 Kota Sukabumi Melaju ke Nasional, Siap Jadi Juara KSN

  • Whatsapp
SMPN 12 Kota Sukabumi
Muhammad Rusli Nur Isa, juara KSN IPA tingkat Jawa Barat yang akan mewakili ke tingkat nasional berfoto bersama Kepala Sekolah M. Fajar Ramdhana, Wakasek Kesiswaan sekaligus pembimbing KSN IPA SMPN 12 Sinta Srie Wulan, dan guru pembimbing lomba Rika.

SUKABUMI – Bidang pendidikan di Kota Sukabumi kini sedang dibuat bangga, sebab salah satu siswa SMP Negeri (SMPN) 12 yaitu Muhammad Rusli Nur Isa berhasil mengukir prestasi hingga lolos ke tingkat nasional dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP 2021.

Rusli mewakili Provinsi Jawa Barat dan menjadi satu-satunya siswa dari Kota Sukabumi yang sukses melaju ke tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

Saat ini siswa yang masih duduk di kelas 9 tersebut sedang mempersiapkan diri dengan dibantu beberapa guru pembimbing lomba.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Yemmy Yohanni mengatakan, Rusli berhasil melaju ke tingkat nasional dalam ajang KSN khususnya bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Prestasi yang luar biasa lantaran Rusli tidak lagi mewakili Kota Sukabumi lagi tetapi sudah mewakili Provinsi Jawa Barat dan itu sangat patut di contoh oleh sekolah-sekolah lainnya apalagi SMPN 12 ini sekolah yang berada di kawasan pinggiran kota.

Untuk itu, sekolah bukan ukuran berprestasi tetapi bagaimana seorang siswa itu mempunyai jiwa integritas yang tinggi terhadap pelajaran, dan yang saya dengar Rusli ini Ketua Osis dan dari kelas VII selalu berprestasi,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, Kamis (22/10/2021).

Yemmy pun tak lupa mengucapkan selamat kepada SMPN 12 yang sudah menorehkan prestasi di KSN.

Ia pun berharap, Rusli bisa kembali mengharumkan nama Kota Sukabumi di tingkat nasional.

“Harapan lainnya semua siswa tahun depan semakin banyak berprestasi baik ditingkat provinsi maupun nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 12 M. Fajar Ramdhana mengaku bangga dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh siswanya tersebut. Tentunya prestasi ini pun tidak terlepas dari peranan guru pembimbing yang mendorong Firli untuk mengikuti KSN sampai pada tahap sekarang ini.

“Sangat bangga sekali ya siswa kami bisa sampai ke tahap tingkat nasional, tetapi itu juga tidak terlepas dari peranan dan bimbingan dari para guru IPA di SMPN 12 dan Alhamdulilah MGMP IPA di SMPN 12 sangat aktif, kita memiliki lima orang guru IPA dan memang saya akui mereka bekerja luar biasa untuk menemukan siswa berbakat dan membimbing siswa untuk terus berprestasi,” ucapnya.

Dengan prestasi ini pun sekaligus untuk membuktikan bahwa SMPN 12 yang berada di pinggiran Kota Sukabumi mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang berada di kota.

“Selama ini kan biasanya orang menganggap bahwa sekolah yang berlokasi di pinggiran muridnya kurang pintar, tetapi ternyata tidak demikian kalau misalnya guru-guru passionnya untuk mebantu dan menemukan anak yang berbakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Fajar berharap Rusli mampu mengharumkan nama Kota Sukabumi di tingkat nasional. Apalagi ini kali pertama siswa SMPN 12 melenggang ke tingkat nasional.

“Untuk prestasi baik akademik maupun non akademik Alhamdulillah SMPN 12 pernah beberapa kali juara baik di tingkat wilayah maupun provinsi. Nah, untuk ke tingkat nasional ini memang baru pertama kali maka dari itu mohon doanya dari semua mudah-mudahan Rusli bisa kembali mengukir prestasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *