Sabtu Asik SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi Juara Jabar

Guru SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi, Siti Rosmayati
Guru SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi, Siti Rosmayati memamerkan hasil prestasinya meraih Juara 2 Lomba Viralkan Praktik Baik dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan

SUKABUMI – Salah seorang guru di SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi berhasil meraih juara pada perlombaan Viralkan Praktik Baik jenjang SD, dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) 2023 yang digelar Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat (Jabar) 2023.

Melalui program unggulanya yaitu Aksi, Siap, Mengasah Inspirasi dan Kreativitas Siswa (Sabtu Aksi), guru yang bernama lengkap Siti Rosmayati berhasil meraih juara ke-2 untuk kategori lomba Viralkan Praktik Baik jenjang SD. Lomba ini merupakan lomba praktik baik kolaborasi pendidikan di mana peserta mengirimkan video tentang kegiatan yang ada di sekolah.

Bacaan Lainnya

“Kebetulan di sekolah kami setiap hari Sabtu itu diadakan kegiatan SABTU ASIK atau Aksi Siap Inspirasi Kreatifitas, di mana pada kegiatan ini kami memfasilitasi minat dan bakat siswa,” terang Siti atau yang akrab disapa Yosi itu.

Dijelaskan Yosi, program Sabtu Asik merupakan upaya untuk memfasilitasi bakat dan minat siswa agar anak-anak bisa menampilkan kreasinya berupa tarian, nyanyi, eksperimen, kabaret, membaca puisi, silat dan lainnya.

Dari kegiatan kecil ini diharapkan bisa melahirkan anak-anak yang kreatif, inovatif, mandiri, berani dan tampil didepan orang banyak. Pasalnya Yosi menilai cenderung anak anak tidak berani tampil atau masih ragu untuk unjuk gigi.

“Awal ide kegiatan ini bermula ada anak kelas 2 ingin bernyanyi dalam kegiatan lomba 17 Agustus yang diadakan dalam sekolah kami, kemudian munculah ide untuk mengkhususkan hari “Sabtu” sebagai media anak-anak, untuk bisa mengasah atau berekpresi melalui bakat siswa yang terpendam dan kegiatan ini pun baru berjalan kurang lebih 3 bulan dari munculnya ide tersebut, dan langsung mendapat dukungan dari kepala sekolah, hasilnya siswa dengan giat bahkan berlomba lomba untuk menunjukan bakatnya masing-masing, siswa menjadi kreatif dan aktif dalam mencari ide untuk ditampilkan setiap minggunya,” jelasnya.

Sementara itu, disinggung soal prestasi yang diraihnya, Yosi yang saat ini berstatus P3K mengaku sangat bangga sekaligus bersyukur programnya itu mendapat apresiasi dan menjadi juara ke-2 di Jawa Barat.

“Sesuatu yang tidak disangka sebelumnya, karena ini adalah pengalaman pertama saya untuk mengikuti kegiatan lomba seperti ini, semua itu tidak lepas dari dukungan dan peran dari kepala sekolah saya yang memotivasi dan selalu menjadi inspirasi untuk guru-guru di sini khususnya bagi saya sndri. Sehingga saya memberanikan diri untuk mengikuti lomba ini, dan alhamdulillah bisa meraih juara 2 ini,” ungkapnya.

Diakui Yosi, ia tertarik mengikuti lomba tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan sekaligus menjadi ajang promosi untuk mengenalkan kegiatan yang ada SDN Nanggeleng 1 Kota Sukabumi.

Ia berharap prestasi ini menjadi motivasi dan inspirasi untuk dirinya sendiri dan kemajuan sekolah agar kedepannya untuk menjadi lebih baik lagi. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *