Kenalan dengan Sakila Labiba, Siswa SMAN 1 Sukabumi Peraih Medali Perunggu Anggar Tingkat Internasional

Sakila Labiba, pelajar SMAN 1 Sukabumi
Sakila Labiba, pelajar SMAN 1 Sukabumi meraih Juara 3 Anggar Tingkat Internasional yang digelar WJIFC 2023.

Langganan Juara, Cucu Atlet Anggar Wanita Pertama Indonesia

Sakila Labiba, pelajar SMA Negeri (SMAN) 1 Sukabumi ini namanya pernah melambung, lantaran berhasil menyabet juara di kancah internasional pada ajang The Southeast Asian Fencing Federation (SEAFF) Championships 2023 Pra SEA Games tingkat Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat itu Sakila menjadi satu-satunya wakil Sukabumi mewakili Indonesia, untuk ikut bertanding dalam Junior Team Women’s Foil di ajang SEAFF Championships 2023 Pra SEA Games tingkat Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia pada, 5-13 Januari 2023.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya di internasional Sakila juga pernah menjuari kejuaraan cabang lomba olahraga Anggar di provinsi hingga nasional, terbaru gadis cantik ini kembali menorehkan prestasinya meraih Juara 3 Anggar Tingkat Internasional yang digelar WJIFC 2023.

WIDI FITRIA, Sukabumi

Menjadi Atlet Anggar ternyata sudah menjadi impian Sakila labiba sejak masih kecil, Sakila mengaku tertarik menggeluti olahraga anggar, karena terinspirasi dari sang nenek yang juga merupakan atlet wanita anggar pertama di Indonesia yang bernama Zus Undap yang juga telah menorehkan banyak prestasi.

Kecintaannya terhadap anggar tentunya membuat Sakila semakn semangat untuk berlatih, hingga terbukti kejuaraan yang diikutinya tidak sekadar level kota, provinsi atau bahkan nasional. Lebih dari itu, Sakila baru saja menaklukan kompetisi anggar tingkat internasional di sejumlah kejuaraan terbaru pada ajang West Java International Fencing Championship (WJIFC) 2023.

“Awalnya itu kaena melihat nenek kaya keren gitu, jadi tertarik juga untuk berlatih anggar terus kan kalau di sini masih jarang olahraga angar itu,” terangnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (22/11).

Seiring berjalannya waktu, ketekunan Sakila di dunia anggar membuahkan hasil. Ia seringkali meraih banyak kejuaraan baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Bahkan dalam waktu dekat ini ia sedang mempersiapkan untuk petandingan PON XXI Aceh-Sumatera Utara pada 2024.

“Untuk meraih prestasi tentu aku harus bekerja lebih keras lagi dan harus melawan rasa malas dengan terus fokus dan rutin latihan,” imbuhnya.

Sementara pelatih anggar Sakila di Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kota Sukabumi, Glenn Poerawinata menuturkan kebanggaannya kepada salah satu anak didknya itu dengan semua capaian yang diraih. Menurutnya Sakila merupakan anak muda yang sedang semangat-semangatnya ingin meraih prestasi yang setinggi-tingginya dan sebanyak-banyaknya.

“Sakila anak yang penuh semangat sehingga ia pun berhasil meraih beberapa kejuaraan, bahkan Sakila sendiri terdaftar sebagai atlet Pelatda PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 dan akan mengikuti pertandingan, persiapannya sudah dilakukan dengan mulai mengikuti training centre / Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang akan dimulai Januari 2024 hingga nanti pelaksanaan PON pada September 2024 dan untuk Pelatdanya sendiri akan dilaksanakan di Bandung dan Korea Selatan,” terangnya.

Ditemui terpisah, Kepala SMAN 1 Sukabumi Ceng Mamad mengaku bangga kepada siswinya dan sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih lantaran berhasil membawa nama baik sekolah dan Kota Sukabumi di forum internasional.

“Semoga prestasinya bisa terus meningkat, sekolahnya juga tetap sukses, sehingga melalui olahraga anggar ini bisa menjadi sumber kehidupan kedepannya,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *