HGN, 12 Guru Kota Sukabumi Hiber, Jadikan Sekolah Tempat Pembelajaran Menyenangkan

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji memberikan penghargaan kepada para guru berprestasi di peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Lapang Merdeka, Cikole, Kota Sukabumi, Senin (27/11/2023).

SUKABUMI – Sejumlah guru berprestasi di Kota Sukabumi diganjar penghargaan Guru Hebat Istimewa dan Berprestasi (Hiber). Penghargaan tersebut diberikan saat momen peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Lapang Merdeka, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Senin (27/11).

Ketua PGRI Kota Sukabumi Histato Dayanto Kobasah mengatakan, pemberian penghargaan Guru Hiber sebagai motivasi dan mengapresiasi prestasi yang diraih oleh para guru baik di tingkat kota, provinsi hingga nasional.

Bacaan Lainnya

“Penganugerahan Guru Hiber ini selalu kita berikan setiap tahun di peringatan HGN dan HUT PGRI untuk memberikan motivasi kepada guru lainnya,” imbuh Ketua PGRI Kota Sukabumi Histato Dayanto Kobasah kepada Radar Sukabumi, Selasa (28/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78.

Punjul berharap pada perayaan HGN dan HUT PGRI ke-78, para guru dapat merayakan merdeka belajar jadikan sekolah menjadi tempat pembelajaran yang membahagiakan yang menyenangkan bagi muridnya untuk Merdeka Belajar.

“Pesan saya untuk para guru tentunya belajar jadikan sekolah menjadi tempat pembelajaran yang membahagiakan yang menyenangkan bagi muridnya untuk Merdeka Belajar dan untuk para guru yang berprestasi untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Guru Hiber diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Menurut Kusmana, peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-78 PGRI menjadi momentum untuk mewujudkan rasa syukur bagi para guru yang telah mengarungi samudera zaman di dunia pendidikan.

Acara yang berlangsung meriah dengan tajuk “Transformasi Guru, Wujudkan Indonesia Maju” ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Kadisdikbud Kota Sukabumi, Kepala KCD, Kementerian Agama Kota Sukabumi, Pengurus dan Anggota PGRI, serta sekitar 3.400 guru se-Kota Sukabumi.

“Guru bukan hanya pendidik di ruang kelas saja, tetapi mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang setiap harinya berjuang untuk membentuk karakter dan masa depan generasi bangsa,” kata Kusmana Hartadji dalam sambutannya.

Peringatan Hari Guru Nasional disebutkan oleh Pj Wali Kota Sukabumi, menjadi wadah untuk memperkuat komitmen para guru terhadap pembangunan pendidikan yang berkualitas.

“Pendidikan merupakan pondasi utama bagi kemajuan suatu bangsa. Guru adalah tulang punggung dari sistem pendidikan itu sendiri,” tambahnya.

Untuk itu, kualitas para guru harus terus ditingkatkan dengan semangat, dedikasi, dan keterampilan agar dapat membimbing siswa mencapai potensi terbaiknya.

“Mari kita renungkan betapa berharga peran guru dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa. Mari kita berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan yang inklusif, merata, dan berkeadilan,” pungkasnya.

Adapun ke-12 guru yang mendapatkan Anugerah Guru Hiber pada HGN dan HUT Ke-78 PGRI Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2023 diantaranya, Yessy Tri Noviani, Guru SMPN 12 untuk Guru inspiratif sebagai Runner Up Duta Teknologi Kemendikbudristek Tahun 2022 dan sebagai Presenter Internasional pada kegiatan Education Technology in the new normal: now and beyond (2021).

Ariyani Sri Purwanti, Guru SMPN 15 untuk bidang sastra, sebagai juara1 Tantangan Gerakan Literasi Nasional Gareulis Jabar Kategori Individu Tahun 2022. Yani Srisusanti, Guru SMPN 5 untuk Bidang Seni dan Sastra sebagai penulis terbaik pertama dalam antologi “So this is love” tahun 2022.

Tuti Alawiah, Guru TK Islam Fathia untuk Bidang Media Pembelajaran sebagai peraih juara dua Lomba Membuat APP Tingkat Nasional Tahun 2023. Rian Nur Aprianti, TK Islam Fathia untuk Bidang Media Pembelajaran sebagai peraih juara dua Lomba Membuat APP Tingkat Nasional Tahun 2023.

Annisa Aprilia Fitri, Guru SMPN 4 untuk Guru Inspiratif sebagai Juara 3 Olimpiade Sains Pelajaran Nasional Tingkat Nasional tahun 2023. Tresna Permata Agustiani Guru SDN Nyomplong untuk Guru Inspiratif sebagai Juara Borangan FTBI Tingkat Jabar tahun 2021.

Vilda Apriani Permata, Guru SDN Nanggeleng 2 Juara 1 Kategori Karya Ilmiah Terbaik ( Berkarya) dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan BBGP Jabar 2023.

Harmi Hikmatiar, SDN Pakujajar CBM Juara 1 Kategori Banner Terbaik (Berkarya) dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan BBGP Jabar 2023. Ina Maryani, SDN Cemerlang Juara 1 Viralkan Praktik Baik Jenjang Sd (Viralkan) dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan BBGP Jabar 2023.

Siti Rosmayati, SDN Nanggeleng 1 Juara 2 Viralkan Praktik Baik Jenjang SD (Viralkan) dalam Semarak Karya Transformasi Pendidikan BBGP Jabar 2023 Shopa’a Aulia Nurhidayah, SDN Cemerelang Finalis Semarak Karya BBGP Jabar 2022 dan 2023. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *