PENDIDIKAN

Guru Kelas Tinggi Kota Sukabumi Digembleng Pembelajaran AKB

SUKABUMI – Setelah melakukan pelatihan penerapan pembelajaran di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) bagi guru, Kamis (6/8) tim Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus II Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi kembali melaksanakan pelatihan yang sama hanya saja diperuntukkan bagi guru kelas tinggi (IV,V dan VI).

Kepada Radar Sukabumi, Ketua KKG Gugus II Kecamatan Gunung Puyuh Histato Dayanto Kobasah mengatakan, kegiatan KKG ini merupakan acara kedua yang dilakukan KKG Gugus II Gunungpuyuh.

“Untuk awal pelatihan untuk guru kelas rendah (kelas I, II dan III), dan sekarang bagian kelas tinggi (IV, V dan VI),” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Tato itu menjelaskan, materi yang diberikan sama dengan sebelumnya yaitu seputar tatacara pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Seperti menggunakan masker dan jaga jarak.

Sekretaris Umum PGRI Kota Sukabumi ini berharap, setelah diadakannya pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru meliputi aspek pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional serta menunjang pemenuhan kebutuhan guru yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran khususnya di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini banyak perubahan yang cukup drastis, dari yang biasa kita biasa mengajar langsung kini harus melalui online, tentunya ini butuh pembiasaan-pembiasaan baru, terutama menghadapi new normal nanti, dimana rencananya sekolah akan dibuka tentunya akan jauh berbeda dibanding KBM sebelumnya.

Untuk itu pelatihan ini wajib diikuti oleh semua intitusi pendidikan terutama guru,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam pelatihan ini KKG Gugus II Gunungpuyuh mendorong para guru untuk menciptakan
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berkesan di tengah pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi ini guru dituntut untuk memberikan pembelajaran efektif bagi siswanya apapun kondisinya,
jadi guru harus bisa lebih kreatif dalam mengajar terutama melalui media online agar mudah dipahami siswa,”
imbuhnya.

Pelatihan sehari tersebut dipusatkan di SDN Brawijaya. Dihadiri Kepala Bidang Pendas Dinas P dan K Kota  Sukabumi, Puskesmas Cipelang, Pengawas Pembina Gugus II Kecamatan Gunung Puyuh, dan sejumlah perwakilan guru dari masing-masing sekolah yang berada di wilayah Gugus II Kecamatan Gunungpuyuh.

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi para¬† guru supaya mereka mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan termasuk kegiatan yang diselenggarakan Pusat

Kegiatan Guru (PKG), dan kompetensi mereka dapat meningkat sehingga menunjang pemenuhan kebutuhan guru yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran,” pungkasnya.(wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button