Di Kota Sukabumi Baru 62 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

KURIKULUM MERDEKA
SEMANGAT BELAJAR: Sejumlah siswa serius saat sedang belajar di kelas.

SUKABUMI – Di Kota Sukabumi tercatat sudah 62 sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Seiring dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka pada Februari 2022.

Kurikulum Merdeka sendiri merupakan salah satu program Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa.

Bacaan Lainnya

Kepada Radar Sukabumi, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi, Roni Abdurahman mengatakan, sebanyak 62 sekolah tersebut mulai dari PAUD sebanyak 5 sekolah, 36 SD dan 21 SMP.

“Kurikulum Merdeka Belajar ini awalnya untuk Sekolah Penggerak, maka dari itu di tahap pertama ini baru ada 62 sekolah yang sudah mendaftar untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di mana 62 sekolah merupakan Sekolah Penggerak baik tahap 1 maupun tahap 2,” terangnya, Minggu (18/9).

Menurutnya, Kurikulum Merdeka lebih menekankan konsep belajar dan merdeka. Di mana siswa harus dilayani lebih oleh gurunya dan penerapan Kurikulum Merdeka ini lebih banyak fokus pada apa yang menjadi kebutuhan siswa. Yakni, mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dan guru hanya menggali potensi yang dimiliki siswa tersebut.

“Guru hanya akan menjadi motivator dan mengarahkan bagi siswa untuk mengarahkan kompetensi kemampuan siswa, arah yang diinginkan siswa itu maunya kemana. Sementara siswa di sini yang lebih aktif,” ucapnya.

Kurikulum Merdeka terbagi dalam tiga kategori. Yakni Merdeka Belajar, Merdeka Mandiri, dan Merdeka Berbagi. Dari tiga kategori, masing-masing sekolah bisa memilih sesuai kondisi sekolah dan yang lebih cocok bagi sekolah.
Lanjut Rony, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi terus mendorong dan mengajak semua pihak untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar bagi siswa dan siswi khususnya di Kota Sukabumi.

“Untuk pendaftaran tahap dua akan kembali dibuka pada 23 Februari 2023, saya berharap semua sekolah bisa mendaftar sehingga semua di Kota Sukabumi sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka,” tutupnya (wdy)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.