PENDIDIKAN

Begini Cara SDN Brawijaya Memaknai HUT ke-74 RI

Libatkan Siswa dan Guru dalam Karnaval Pakaian Adat dan Perjuangan

RADARSUKABUMI.com – Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), ratusan siswa di SDN Brawijaya, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi punya cara unik untuk memeriahkannya. Berikut liputannya.Karnaval berte

makan perjuangan dan kebangsaan pun dipilih menjadi tema, untuk memeriahkan HUT RI tahun ini.
Beragam kreasi ditampilkan, mulai dari kostum yang dikenakan pelajar hingga yel-yel pemberi semangat yang ditampilkan masing-masing kelas.Meski cuaca begitu panas, para siswa dan guru tampil maksimal dalam karnaval pakaian unik yang dimulai pukul 08.00 WIB di lingkungan sekolah, dan membuat orang tua murid terhibur.

Sekolah ini memeriahkan HUT ke-74 RI ini selama dua hari. Acara dibuka pada Selasa (20/8), diawali dengan pelepasan balon dan lomba agustusan dan ditutup pada Rabu (21/8). Penutupan diisi dengan penampilan karnaval dari seluruh siswa dan guru SDN Brawijaya.Kegiatan ini sangat menarik, selain ada yel-yel pakaian yang dikenakan siswa semuanya kreatif. Ada yang menggunakan pakaian adat, profesi dan pakaian pejuang zaman dulu.”Peringatan HUT RI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lantaran menampilkan karnaval pakaian unik,” kata Kepala SDN Brawijaya R. Histato D Kobasah kepada Radar Sukabumi, Rabu (21/8).

Karnaval merupakan salah satu rangkaian untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Tentunya dengan kegiatan ini selain menjaga budaya dan kearifan lokal diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan keluarga besar SDN Bariwijaya.”Melalui karnaval ini diharapkan bisa mengenal tentang sejarah perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur dengan pakaian-pakaian mereka,” ujarnya.

Selain itu mereka lebih mengenal budaya dan adat di Indonesia yang beragam, serta pakaian profesi untuk mengekspresikan cita-cita mereka kedepan.Selain menggelar karnaval, peringatan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti lomba menghias kelas, tumpeng, balap karung, memindahkan bendera, makan kerupuk, balap kelereng dan pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) serta lomba menarik lainnya.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh siswa, terutama di acara karnaval.Harapannya siswa mencintai Indonesia lebih dalam lagi, bisa saling menghormati dan menghagai terutama guru, orang tua dan teman-temannya juga sesuai tujuan dari kegiatan ingin menanamkan rasa patriotisme kepada anak sejak dini. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada guru dan orang tua yang telah mendukung acara ini hingga acara sukses dilaksanakan,” tutupnya.

Loading...

 

(*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button