Sea Games 2021, Indonesia Terancam Tak Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih Lagi, Ini Penyebabnya

Indonesia terancam tak bisa kibarkan merah putih
Indonesia terancam tak bisa kibarkan merah putih--Twitter/@INABadminton

JAKARTA — Jelang gelaran Sea Games 2021 di Vietnam, Indonesia kembali terancam tidak bisa kibarkan bendera merah putih di Event Internasional. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

Ia menjelaskan pihaknya baru saja menerima surat tembusan dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) bahwa IADO mendapat Corrective Action Report (CAR) atau Laporan Tindakan Korektif lantaran aturan yang berlaku saat ini masih belum sejalan dengan WADA Code 2021.

Bacaan Lainnya

Lanjut Okto, apabila masalah ini tidak bisa diselesaikan sebelum 23 Juni 2022, maka Indonesia terancam sanksi dan tidak bisa mengibarkan bendera kembali. “Saat ini, Merah Putih terancam tak bisa berkibar lagi. Jika masalah ini tidak bisa diselesaikan sebelum 23 Juni, Indonesia terancam sanksi dan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih lagi,” ungkap Okto, dikutip dari PMJ NEWS, pada 8 Mei 2022.

Diketahui sebelumnya, bendera Merah Putih sudah tidak boleh bekibar di event internasional. Salah satunya saat Indonesia juara di Thomas Cup 2021. Jadi pada saat lagu Indonesia Raya dilantunkan, hanya ada logo PP PBSI yang boleh dipasang.

Hukuman WADA ini berlaku setahun. Nah, untuk mempercepat pencabutan hukuman Kemenpora membentuk Satgas Percepatan Sanksi WADA. Pada akhirnya, bendera Merah Putih sudah bisa berkibar lagi di dunia olah raga internasional mulai Februari 2022. Sebab sanksi dari WADA (Badan Anti-Doping Dunia) akan dicabut.

Kinerja Satgas Percepatan Sanksi WADA bentukan Kemenpora harus diacungi jempol. PP Perbasi pun memberi apresiasi setinggi-tingginya.

Mengenai hal itu, Okto pun mengingatkan kepada IADO untuk lebih sering menjalin komunikas aga situasi ini tidak terus menerus terulang lagi. Okto pun berharap IADO bisa segera diselesaikan, agar Indonesia tidak kembali mendapatkan sanksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.