11 Tahun Puasa Gelar, AC Milan Sabet Scudetto ke-19 di musim 2021/22

Selebrasi Rafael Leao setelah membantu
Selebrasi Rafael Leao setelah membantu Franck Kessie mencetak gol ketiga untuk AC Milan dalam pertandingan pekan terakhir Serie A lawan Sassuolo pada 22 Mei 2022. (REUTERS/Alberto Lingria/pri.)

JAKARTA AC Milan menjadi juara Liga Italia musim 2021/22 setelah mengalahkan Sassuolo 3-0 dalam pertandingan pekan terakhir yang berlangsung di Mapei Stadium, Minggu.

Olivier Giroud menyumbangkan dua gol dalam pertandingan ini, dengan gol lainnya disumbangkan oleh Franck Kessie, demikian catatan laman resmi Serie A.

Tambahan tiga poin ini membuat Milan mengakhiri musim di puncak klasemen Liga Italia dengan 86 poin. Inter Milan, yang di saat bersamaan mengalahkan Sampdoria 3-0, harus finis sebagai runner-up dengan 84 poin.

Ini merupakan Scudetto ke-19 bagi Milan dan sekaligus merebutnya dari rival satu kota. Terakhir kali mereka mendapatkannya pada musim 2010/2011

Milan langsung tampil menyerang meski sebetulnya cuma butuh satu poin untuk mengunci gelar juara. Olivier Giroud memberikan ancaman ke gawang Sassuolo, tetapi masih bisa digagalkan kiper Andrea Consigli.

Rafael Leao nyaris membobol gawang Sasuolo pada menit ke-7. Dalam posisi bebas, bola tembakannya dengan cepat diblok lawan. Milan kembali punya peluang emas beberapa menit kemudian lewat skema sepak pojok. Bola sundulan Fikayo Tomori mampu diblok lawan yang berdiri tepat di garis gawang.

Alexis Saelemaekers juga membuang peluang untuk Milan pada menit ke-10. Bola tembakannya dari jarak dekat masih bisa dibendung kiper Consigli.

Milan berhasil memecah kebuntuan tujuh menit berselang. Sebuah umpan silang Leao sukses disambar Giroud, yang membuat bola meluncur melewat bek lawan dan sela-sela kaki kiper. Tim tamu memimpin 1-0.

Pada menit ke-23, kemelut terjadi di mulut gawang Sassuolo setelah bola tembakan Saelemaekers ditepis kiper. Bola liar kemudian disambar pemain Milan, tetapi Consigli masih bisa menghalaunya.

Milan memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-32. Lewat tendangan Giroud setelah Leao merebut bola dari kaki bek lawan di kotak penalti dan melepaskan umpan ke penyerang Prancis itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan