NASIONAL

Tarif Ojek Online Naik, Senin

Usai tiga menteri melakukan pertemuan tertutup dengan perusahaan Grab dan Go-Jek, tarif ojek online diputuskan akan naik.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan bahwa dua operator aplikasi online tersebut siap menaikkan tarif ojek online per km dari Rp1.600. Rencananya, kenaikan tarif itu akan diumumkan pada Senin (2/4). “Senin harapan kita sudah ada keputusan dari perusahaan,” ucapnya.

Terkait besarannya, Moeldoko menjelaskan bahwa pemerintah tidak bisa menentukan berapa batas ideal tarif ojek online. Pasalnya, kewenangan itu berada pada perusahaan penyedia jasa ojek online.

“Besaran pastinya adalah hak perusahaan untuk menentukan. Kami tidak boleh menekan dan seterusnya. Karena dia juga punya perhitungan tersendiri untuk mengeluarkan seberapa per km-nya,” ujarnya.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya mengusulkan kepada aplikator agar tarif ojek online dinaikkan menyentuh angka Rp2.000 per km.

“Dari perhitungan kita, ada suatu nilai harga pokok sekitar Rp1.400 sampai Rp1.600 dan dengan keuntungan dan jasanya, sehingga menjadi Rp2.000. Tapi Rp2.000 itu bersih, bukan dipotong menjadi Rp1.500,” terangnya.

Pada Selasa (27/3), Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Budi Karya Sumadi dan Moeldoko menemui lima perwakilan pengemudi ojek online yang melakukan demonstrasi di depan Istana Merdeka.

Ribuan pengemudi ojek online yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) berunjuk rasa dan memarkir kendaraan mereka sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat sehingga kendaraan lain tidak bisa melintas. Mereka meminta pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mendorong rasionalisasi tarif ojek online.

(tib/feb/run)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button