Tahun ini, Jamaah Haji dipastikan Bisa Berangkat

Sejumlah jamaah calon haji dan umroh
Sejumlah jamaah calon haji dan umroh mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre Setu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (22/3/2022). Seiring sudah dibukanya kembali Umroh dan makin dekatnya musim haji tahun 2022 sejumlah biro perjalan Haji dan Umroh mulai melakukan pelatihan tata cara melaksanakan ibadah haji dan umroh. FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

JAKARTA — Kerajaan Arab Saudi menetapkan kuota penyelenggaran haji 2022 sebanyak 1 juta jamaah. Angka itu meningkat dari tahun lalu yang hanya 60 ribu jamaah.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan, pemerintah akan memberangkatkan jamaah haji asal Indonesia tahun ini. Walaupun sampai saat ini pemerintah belum tahu berapa kuota yang diberikan Kerajaan Arab Saudi untuk jamaah Indonesia.

Bacaan Lainnya

”Kita siap (berangkatkan jamaah haji tahun ini). Akan lakukan persiapan sebaik mungkin untuk memastikan jamaah terlayani dengan baik,” ujar Yaqut dalam keterangannya, Sabtu (9/4).

Yaqut akan merayu Kerajaan Arab Saudi agar Indonesia bisa mendapatkan tambahan kuota haji dari kuota yang tidak terpakai dari negara lain. ”Kita akan optimalkan berapapun kuota yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kita upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap,” ujar Yaqut.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief menambahkan, kepastian keberangkatan jamaah dari luar Arab Saudi itu telah membuka seluruh simpul persiapan penyelenggaraan yang selama ini terus dilakukan. ”Ini kabar gembira. Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindak lanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan,” terang Hilman Latief.

Menurut Hilman, waktu yang tersedia tidak banyak. Sehingga, pihaknya akan bekerja cepat dalam merampungkan persiapan, termasuk yang terkait dengan teknis pemilihan jamaah berhak berangkat sesuai ketentuan Arab Saudi dan pembinaan manasik bagi mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan