Susul Kemenkes, Nadiem Makarim Positif Covid-19

Nadiem Makarim positif Covid-19,
Nadiem Makarim positif Covid-19, menyusul Budi Gunadi Sadikin, Menkes yang telah terpapar sebelumnya dan menjalani isoman.-RADAR TASIK/DNN-

JAKARTA -– Satu persatu mentri jajaran kabinet Indonesia maju terpapar Covid-19. Setelah sebelumnya Budi Gunadi Sadikin, Kemenkes menyatakan bahwa positif Covid-19, pada selasa 30 Agustus 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim positif Covid-19.

Kondisi kesehatannya tersebut diungkapkan oleh Nadiem saat menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI secara online. “Walaupun sudah bertahun-tahun menghindari paparan Covid-19, akhirnya saya terkejar juga. Saya positif Covid-19 bersama keluarga,” ujar Nadiem.

Bacaan Lainnya

Meskipun positif Covid-19, namun Nadiem tetap mengikuti kerja Komisi X DPR RI yang dilakukan secara online. Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin, Menkes positif Covid-19 dan saat ini tengah menjalani isoman sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi yang mengungkapkan bahwa keterbukaan terhadap status Covid-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik.

“Keterbukaan tersebut ini untuk memutus penularan agar tidak semakin meluas,” jelas Budi.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes dan, jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri,” tambah Budi.

Selama terpapar Covid-19, Budi akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif Covid-19. Meskipun menjalani isoman, Budi mengungkapkan bahwa dia akan tetap menjalankan aktivitas sebagai pejabat publik secara virtual.

Selain itu, Budi juga telah memberitahukan kepada pihak-pihak yang semoat berinteraksi dengannya dalam beberapa waktu terkahir sebelum dinyatakan positif Covid-19. “Mereka diminta untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri,” tambah Budi.

Walau terjangkit Covid-19, kondisi Menkes Budi saat ini relatif sehat berkat vaksinasi dan booster. Vaksinasi tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari Covid-19, namun untuk mencegah gejala sakit yang parah.

Terkait dengan perkembangan penanganan Covid-19 Tanah Air, Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengharapkan agar proses pembelajaran tatap muka (PTM) yang saat ini tengah berjalan dimonitor dengan hati-hati, mengingat risiko penularan Covid-19 masih tinggi.

Adapun angka terkonfirmasi positif Covid-19 harian di Indonesia terus bertambah. Satgas Penanganan Covid-19 pada Sabtu 27 Agustus 2022, tercatat ada penambahan 4.170 kasus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.