Solo-Ngawi Kini Hanya 1,5 Jam

  • Whatsapp

SRAGEN – Rencana menyambung jalan tol Jakarta – Surabaya pada akhir tahun ini semakin dekat. Terbaru, Presiden Joko Widodo meresmikan Tol segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer di rest area KM 538, Sragen, Jawa Tengah, kemarin (28/11). Segmen tersebut merupakan bagian dari proyek jalan tol Solo – Ngawi.

Hingga kini, tinggal empat segmen lagi untuk benar-benar menyambungkan Jakarta – Surabaya melalui jalan bebas hambatan. Yakni segmen Tol Pemalang-Batang sepanjang 33 km, Batang-Semarang (75 km), Salatiga-Solo (33 km), dan Wilangan-Kertosono (39 km). Rencananya, empat segmen tersebut diresmikan presiden pada minggu kedua Desember.

“Tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN dan Dirjen, beliau-beliau menyampaikan tinggal cari waktu meresmikannya. Artinya sudah rampung kalau berani ngomong seperti itu,” kata Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, dengan rampungnya pembangunan, tidak berarti tugas selesai.

Tantangan selanjutnya adalah memanfaatkan akses tol untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang dilalui. Karena itu, Jokowi meminta para kepala daerah untuk mengintegrasikan tol dengan kawasan strategis.

Misalnya, kawasan industri, baik yang baru maupun lama, hingga ke kawasan-kawasan wisata. Tugas pemda, kata dia, adalah memperbaiki jalan-jalan penghubung. “Jangan sampai tol ini hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol, semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal,” imbuhnya.

Pembangunan tol sendiri, lanjutnya, mulai memberikan dampak positif bagi daerah. Di Ngawi, misalnya, berdasarkan laporan Bupati, investasi besar akan masuk dan berpotensi membuka lapangan kerja. “Karena lahan lebih murah, UMK juga kompetitif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *