KPK Pastikan Setya Novanto Sehat

JAKARTA – Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor hari ini (20/12). Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, kondisi Novanto sudah cukup membaik ketimbang sepekan lalu.

Itu katanya bisa dilihat ketika Novanto menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo hari ini. Dia mampu menjawab pertanyaan dengan baik. “Jadi responnya baik dan juga sudah bisa menuliskan beberapa hal seperti proses yang biasa,” ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, kemarin (19/12).

Bacaan Lainnya

Jadi kata dia, dapat disimpulkan bahwa Novanto dalam kondisi yang baik. “Kalau dilihat dari kondisi tadi yang bersangkutan dalam keadaan sehat,” imbuhnya.

Kemarin pun setelah dilakukan pengecekan oleh dokter KPK, Novanto hanya mengeluh sedikit batuk saja. “Terakhir kemarin pengecekan oleh dokter dilakukan karena ada keluhan sakit batuk saja,” tambah Febri.

Sekedar informasi, dalam persidangan perdananya di PN Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (13/12), Novanto mengeluh sakit diare hingga 20 kali. Wajahnya pun kala itu tampak lemas. Sesekali dia dipapah untuk masuk ruang persidangan.

Selama di meja hijau, mantan Ketua Fraksi Partai Golkar itu tak menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan majelis hakim PN Tipikor. Bahkan hingga dakwaannya dibacakan.

Adapun Novanto didakwa melakukan intervensi terhadap penganggaran proyek pengadaan KTP berbasis elektronik (e-KTP) yang berlangsung di DPR pada 2009-2013.

Novanto juga didakwa memperkaya diri sendiri, orang lain, dan suatu korporasi. Novanto disebut menerima uang dengan total USD 7,3 juta dari proyek tersebut. (dna/JPC)

Pos terkait