KNKT Periksa Kru Pesawat Lion Air

”Kapal Victori dengan empat jangkar dia stay di posisi di atas dari tadi lokasi serpihan yang besar-besar itu. Dipetakan di bawah, setelah itu baru penyelam turun mana yang bisa diangkat,” jelas dia. Hari ini (3/11), pencarian akan diperluas daya jelajahnya dengan ROV.

Pencarian dan evakuasi korban itu dilakukan sampai Minggu (4/11). Bakal ada evaluasi lagi untuk memperpanjang masa pencarian atau menyudahinya. ”Kalau Minggu masih ada kemungkinan untuk bisa ditemukan kita lanjut tiga hari. Setelah sepuluh hari dianalisa lagi,” tambah dia.

Bacaan Lainnya

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pun melakukan pemeriksaan secara intensif. Pemeriksaan pesawat udara yang dilakukan oleh Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara di Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara serta kantor otoritas bandar udara.

”Kantor otoritas bandar udara di seluruh Indonesia melakukan ramp check secara mendalam mencakup indikasi masalah yang berulang, pelaksanaan troubleshooting, kesesuaian antara prosedur dan implementasi pelaksanaan, serta banyak lagi,” kata Plt Dirjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno kemarin di kantornya.

Pada Rabu lalu (31/10) rampchekc telah dilakukan di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kualanamu Medan. Ada enam pesawat yang diperiksa. Dua diantaranya ditemukan kesalahan minor yang bisa dilakukan perbaikan dengan cepat. ”Rampcheck selanjutnya dilakukan sesuai dengan jadwal mendaratnya pesawat,” ucapnya

Sedangkan untuk pemeriksaan khusus Boeing 737 MAX 8, hasilnya baik. Ditjen Perhubungan Udara mendapati bahwa komponen yang terpasang tidak melewati batas umur pakai dan gangguan teknis pada airspeed dan altimeter system tidak ditemukan.

 

(lyn/jun)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *