NASIONAL

Jika Covid-19 Menurun, Cuti Bersama Bisa Pindah ke Idul Adha

JAKARTA — Cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah masih sesuai dengan ketetapan sebelumnya, yakni pada 28–31 Desember 2020. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menuturkan, tanggal itu bisa saja berubah seiring dengan dinamika pandemi Covid-19 di tanah air. Akhir bulan ini akan dilakukan evaluasi.

Apabila tren penularan Covid-19 menurun, ada kemungkinan cuti bersama itu digeser bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli. ’’Kalau memang Covid-19 sudah turun, sudah tidak mengancam, sangat dimungkinkan untuk memajukan libur cuti bersama. Bisa sebelum Idul Adha atau sesudah Idul Adha,’’ paparnya kemarin (20/5).

Selain itu, turut dibahas ketentuan cuti bersama aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai BUMN. Menurut Muhadjir, tidak ada cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN pada 22 Mei. Dengan demikian, libur Idul Fitri hanya Minggu-Senin, 24-25 Mei. ’’Jadi, ASN dan BUMN tetap masuk. Cutinya ganti di hari lain,’’ ujarnya.

Sementara itu, persiapan menuju tatanan kehidupan normal yang baru terus dilakukan. Salah satu rujukannya adalah statemen Direktur Eksekutif WHO Mike Ryan bahwa virus SARS-CoV-2 mungkin tidak pernah hilang. Maka, strategi ke depan adalah hidup berdampingan dengan virus.

Caranya, mengurangi risiko bahaya virus korona. Harus ada kesadaran kolektif yang tinggi dari masyarakat untuk menjadikan protokol kesehatan sebagai sesuatu yang normal. Termasuk saling mengingatkan untuk patuh. (mia/byu/c19/ayi)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button