Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Politikus PDIP : Insya Alah Semua Akan Terjadi

  • Whatsapp

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyebut Andika Perkasa akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI.

Posisi lama Andika nantinya akan diggantikan Adika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) adalah Letnan Jenderal (Letjen) Dudung Abdurachman.

“Insya Allah semua akan terjadi dalam waktu dekat, Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI,” ujar politikus PDIP tersebut saat dikonfirmasi, Jumat (3/8).

Sementara, Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu nama yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal nama calon Panglima TNI.

“Tentunya ini kan hak prerogatif presiden, siapa yang akan diajukan ke komisi I untuk menjalani fit and proper test. Kita serahkan kepada presiden, mudah-mudahan yang terbaik lah yang diajukan bapak presiden,” kata Syarief.

Namun dari tiga nama Kepala Staf yang ada sekarang ini, menurutnya sosok KSAD Jendral Andika Perkasa dipandang sebagai sosok yang sangat menonjol untuk menjadi Panglima TNI.

“Memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya. Dan mudah-mudahan yang terbaik lah yang diserahkan presiden,” tutur dia.

Politikus Partai Demokrat ini memaparkan sejumlah kinerja Andika yang dianggapnya menonjol, dibanding dua kepala staf lainnya. Pertama adalah upaya Andika dalam meningkatkan keahilan para prajurit di TNI AD. Kemudian pembenahan SDM dilingkungan matra Darat yang sudah dilakukan Andika.

Namun dia kembali menekankan pemilihan Panglima TNI ini adalah hak prerogatif Presiden. Dia hanya berharap dalam waktu dekat ini nama calon Panglima TNI segera diserahkan mengingat masa pensiun Marsekal Hadi semakin dekat.

“Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang Pak Andika perform sekali,” ungkapnya.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 itu mendatang. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam.

Saat ini ada tiga kandidat yang bakal menjadi Panglima TNI, mereka adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Jika merujuk pada matra, saat ini giliran Angkatan Laut yang mendapat giliran memegang tongkat komando orang nomor satu di TNI. (jpc)

Editor : Yosep

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *